PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII A DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI MTs AL IMAN BABADAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

QOYUM NULITA SAMSI, CHOYUL (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS VII A DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI MTs AL IMAN BABADAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan, Aktivitas, Pendekatan Scientific Dalam kegiatan pembelajaran terdapat dua kegiatan yang sangat sinergis yaitu guru mengajar dan siswa yang belajar. Sedangkan sebuah proses pembelajaran sangat dibutukan sebuah aktivitas belajar, karena dapat mengubah dan menjadi tolok ukur kemampuan dan pemahaman siswa baik secara kognitif, afektif dan psikomotoriknya. Ini sangat erat kaitannya dengan tujuan kurikulum baru yang telah dicanangkan oleh pemerintah terkait kurikulum 2013. Namun perlu diketahui, bahwasannya dengan dicanangkan kurikulum 2013 ini menimbulkan kesulitan bagi guru khususnya dalam penerapan kurikulum tersebut. . Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana meningkatkan aktivitas siswa kelas VII A dalam pembelajaran matemaika melalui strategi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific di MTs Al Iman Babadan Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014”?. Dan dengan penelitian diatas diharapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VIIA Dalam pembelajaran matematika melalui strategi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan scientific. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan( action research) sebayak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII A MTs Al Iman Babadan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa dengan menerapkan Pendekatan Scientific pada kelas VII A MTs Al Iman Babadan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pada siklus I sebesar 50 % dengan rata-rata 2,0 dengan kategori cukup dan siklus II sebesar 85% dengan rata-rata 3,4 dengan kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:11
Last Modified: 15 Jan 2015 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item