NURYANTI, ELVI (2015) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X.7 SMA NEGERI 1 BADEGAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan yang inovatif dan kreatif serrta sesuai dengan perkembangan jaman, guru dituntut untuk dapat menguasai berbagai macam metode dan model pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PKn. Dalam observasi yang peneliti lakukan di SMA Negeri 1 Badegan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum tuntas dalam penguasaan materi yang diajarkan. Disamping itu pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga sebagian besar siswa kurang tertarik terhadap pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Time Token di kelas X.7 SMA Negeri 1 Badegan serta untuk mengetahui peningkatkan Minat belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21/28 Januari 2014 di SMA Negeri 1 Badegan dengan subyek penelitian sebanyak 26 siswa dari kelas X.7 Semester Genap tahun ajaran 2013/ 2014. Pokok bahasan yang digunakan adalah Hubungan dasar negara dengan konstitusi. Pelaksanaan PTK ini menggunakan model kolaboratif dengan acuan model siklus PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. PTK ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan setiap siklus terdiri atas refleksi awal, rencana tindakan, pelaksaan tindakan,observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa baik kualitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 74 dan siklus II 90 sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I 73 dan pada siklus II yaitu 89. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan metode Time Token efektif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran PKn siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Badegan Tahun Ajaran 2013/ 2014. Kata Kunci : Minat belajar, Time Token
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 03:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2015 03:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/839 |
Actions (login required)
View Item |