PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENGAKTIFKAN DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII

ANISAH, RINDA (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LINGKARAN UNTUK MENGAKTIFKAN DAN MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VIII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan buku yang digunakan siswa adalah LKS, tidak ada modul matematika, kurang pemahaman terhadap materi lingkaran, dan siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan sebuah modul matematika dengan pendekatan kontekstual yang dapat mengaktifkan dan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok lingkaran untuk mengaktifkan dan meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP/MTs kelas VIII, mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa SMP/MTs kelas VIII terhadap penggunaan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi pokok lingkaran, mengetahui keaktifan siswa berdasarkan penilaian autentik. Penelitian dilaksanakan di MTs Al-Madani Nurul Huda Grogol, Sawoo, Ponorogo. Dalam penelitian pengembangan ini model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiono dengan modifikasi, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Terbatas Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Hasil Akhir. Hasil penilaian melalui instrument angket validasi ahli materi pembelajaran dan validasi ahli media pembelajaran rerata keseluruhan sama yaitu 3.4 dengan kategori sangat valid. Untuk hasil penilaian angket siswa uji coba terbatas produk dan uji coba lapangan terbatas adalah 3.4 dan 3.5 dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil, nilai rata-rata pre-test 33.93 dan nilai rata-rata post-test 71.43. Rata-rata nilai post-test lebih tinggi dari pada nilai pre-test. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan menggunakan uji-t, ada perbedaan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai post-test lebih tinggi dari pada nilai pre-test. Rerata total penilaian autentik saat proses pembelajaran menggunakan modul matematika dengan pendekatan kontekstual adalah 79.1 dalam kategori keaktifan siswa baik Berdasarkan analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa modul matematika dengan pendekatan kontekstual valid, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, dan berdasarkan penilaian autentik keaktifan siswa baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Very Setiawan
Date Deposited: 21 Jan 2015 02:48
Last Modified: 21 Jan 2015 02:48
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item