Eva Alvia Rukhama, Nasrul (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
pernyataan unggah karya ilmiah.pdf Download (146kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (413kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses pembelajaran bagi peserta didik supaya dapat mengetahui, mengevaluasi dan menerapkan setiap ilmu yang didapat dari pembelajaran dikelas atau pengalaman-pengalaman yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi juga pengetahuannya, semakin tinggi pengetahuan semakin berpeluang untuk mendapatkan karir, pekerjaan , kedudukan yang lebih baik di kehidupannya. Untuk itu dibutuhkan beberapa faktor untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh : (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (2) pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar, (3) latar belakang sosial ekonomi terhadap prestasi belajar, (4) motivasi belajar, pergaulan teman sebaya dan latar belakang sosial ekonomi terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Objek penelitian ini adalah Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo yang berjumlah 5.999 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode Diproportioned Random Sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS 16. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa motivasi belajar, dan latar belakang sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa, sedangkan pergaulan teman sebaya berpengaruh negatif dan signfikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi belajar, pergaulan teman sebaya dan latar belakang sosial ekonomi secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Pergaulan Teman Sebaya, Latar Belakang Sosial Ekonomi dan Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Management |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Nov 2021 01:25 |
Last Modified: | 30 Nov 2021 01:25 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |