ANALISIS LEARNING ORIENTATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE MELALUI INNOVATION SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (STUDI KASUS PADA GREEN PRODUCT UMKM DI PONOROGO)

Candra Puspita, Riska (2021) ANALISIS LEARNING ORIENTATION TERHADAP MARKETING PERFORMANCE MELALUI INNOVATION SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (STUDI KASUS PADA GREEN PRODUCT UMKM DI PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isu lingkungan yang beredar di kalangan masyarakat meningkatkan kesadaran serta menumbuhkan minat UMKM untuk menciptakan green product. Keberhasilan UMKM dalam menciptakan green product dapat diukur dari segi kinerja pemasarannya. Kinerja pemasaran yang baik diawali dengan keinginan UMKM untuk melakukan learning orientation. Namun penelitian sebelumnya menyatakan hasil bahwa orientasi pembelajaran terhadap kinerja menunjukkan hasil yang berbeda atau riset gap.Penelitian yang dilakukan oleh Anggraini (2014) menyatakan terdapat pengaruh antara learning orientation terhadap kinerja sedangkan penelitian Widiartanto (2013) menyatakan ada pengaruh antara keduanya. Adapun penelitian Wiwoho (2014) menyatakan orientasi pembelajaran memiliki pengaruh lebih besar terhadap kinerja pemasaran dengan adanya inovasi sebagai variable intervening. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis LearningOrientation terhadap Marketing Performance melalui Innovation sebagai variabel intervening pada green product UMKM Ponorogo. Penentuan sample dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik Cluster sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner yang disebar secara langsung kepada 100 responden, selanjutnya hasil kuisioner diolah menggunakan SPSS 16. Penelitian ini menggunakan uji instrument dan metode path analysis. Hasil penelitian menyatakan terdapat pengaruh positif Learning Oroientation terhadap Marketing Performance, Learning Oroientation terhadap Innovation, Innovation terhadap Marketing Performance, danterdapat hubungan Intervening Innovation pada LearningOrientation terhadap Marketing Performance.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: LearningOrientation, Innovation, Marketing Performance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 30 Nov 2021 04:39
Last Modified: 30 Nov 2021 04:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8473

Actions (login required)

View Item View Item