UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKn ) KELAS X E DI MAN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2013 / 2014

APRIANI, RIRIS (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKn ) KELAS X E DI MAN 2 PONOROGO TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER, ABSTRAK.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Metode Make A Match, Pemahaman Siswa Dalam observasi yang telah peneliti lakukan dikelas X E MAN 2 Ponorogo terungkap bahwa didalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah saja sehingga siswa cepat bosan terhadap pembelajaran dan pada akhirnya mengantuk, ramai sendiri, bahkan adapula yang main handphon dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Berdasarkan situasi tersebut, agar siswa aktif dan paham terhadap materi pelajaran, perlu adanya perubahan metode pembelajaran diantaranya metode Make A Match yaitu suatu metode pembelajara dengan pembentukan 2 kelompok kemudian guru membagikan kartu pertanyaan dan jawaban kepada siswa kemudian mencocokkannya sesuai pertanyaan dan jawabannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran metode Make A Match pada pelajaran PKn kelas X E MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa melalui metode Make A Match pada pelajaran PKn kelas X E MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2013/2014. Subyek penelitian adalah siswa kelas X E dengan jumlah 38 siswa. Materi yang digunakan adalah BAB 5 Persamaan Kedudukan Warga Negara. Hasil pengamatan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan prosentase ketuntasan 26% dan pada siklus II dengan prosentase ketuntasan 100%, jadi ada kenaikan 74% dari siklus I dan siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make A Match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada kelas X E MAN 2 Ponorogo tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 23 Jan 2015 01:57
Last Modified: 23 Jan 2015 01:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item