PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

EKA KUSUMA, FARIYANI (2014) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF 2 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Artikel Fariyani.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAG. DEPAN.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I New.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Keaktifan, Hasil Belajar, Metode Make A Match Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika masih kurang. Hal tersebut didasarkan pada hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas VII SMP Ma’arif 2 Ponorogo. Dari permasalahan tersebut, maka peneliti menggunakan metode pembelajaran Make A Match untuk mengetahui peningkatankeaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas VII SMP Ma’arif 2 Ponorogo pada materi keliling dan luas segitiga dan segiempat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaranMake A Match pada siswa kelas VII SMP Ma’arif 2 Ponorogo . Jenis penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK).Dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dimana untuk masing-masing siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ma’arif 2 Ponorogo tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 12 anak, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan Instrumen yang digunakan adalah tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar ranah kognitifdan lembar observasi keaktifan siswa untuk mengetahui persentase keaktifan siswa serta lembar observasi penilalain ranah afektif siswa untuk mengetahui hasil belajar ranah afektif siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan setiap siklusnyasetelah penerapan metode Make A Match, para siswa terlihat lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan fisik maupun kegiatan psikis. Hal ini dapat dilihat mulai dari siklus I persentase keaktifan siswa adalah 69,10% dan masuk dalam kategori cukup aktif, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,55% yakni persentase keaktifan siswa mencapai 78,65% dan masuk dalam kategori aktif. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Untuk hasil belajar ranah koginitif nilai rata-rata tes siklus I mencapai 72,3 dan siklus II mencapai 82. Peningkatan hasil belajar ranah koginitif tersebut terjadi karena siswa sering berlatih dalam mengerjakan soal-soal matematika atau dalam pemecahan masalah-masalah dalam bentuk kartu-kartu, mereka juga tidak hanya menghafalkan rumus saja tapi mereka juga melakukan penyelidikan-penyelidikan bagaimana rumus tersebut bisa di dapat sehingga ketika diberikan soal tes siswa tidak lagi merasa kesulitan untuk mengerjakannya.Sedangkan untuk hasil belajar ranah afektif siswa dapat dilihat dari hasil observasi penilaian ranah afektif siswa selama pembelajaran matematika menggunakan metode Make A Match. Hasilnya adalah kemampuan afektif siswa selama pembelajaran lebih baik, yang ditunjukkan dari siklus I yakni untuk persentase siswa yang mendapat predikat baik adalah 58,34% dan untuk siklus II persentase siswa yang mendapat predikat baik mencapai 100%. Dari hasil tersebut maka metode pembelajaran Make A Match sangatlah baik diterapkan untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada sub materi pokok keliling dan luas segitiga dan segi empat di Kelas VII SMP Ma’arif 2 Ponorogo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 23 Jan 2015 02:12
Last Modified: 23 Jan 2015 02:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/856

Actions (login required)

View Item View Item