ULIL ABSOR, MOHAMMAD (2014) PENGARUH METODE PROBLEM POSING MELALUI KERJA KELOMPOK TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PADA BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII MTsN KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Artikel.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
1. COVER.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Image
2. LEMBAR PERSETUJUAN.jpg Download (150kB) | Preview |
|
|
Image
3. LEMBAR PENGESAHAN.jpg Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
7.ABSTRAK.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Pembimbing: Drs. Jumadi, M.Pd Kata Kunci: Metode problem posing, kerja kelompok, keaktifan, hasil belajar. Usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Dalam hal ini peran seorang guru sangatlah penting, terutama dalam pemilihan metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dan kreatif dalam mengungkapkan ide-idenya pada proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Kauman Ponorogo tahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari kelas VIII A sebanyak 24 siswa dan kelas VIII B sebanyak 24 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode problem posing melalui kerja kelompok terhadap keaktifan dan hasil belajar Matematika pada sub pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar siswa kelas VIII MTsN Kauman Ponorogo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini dilakukan pada dua kelas, kelas eksperimen sebagai kelas perlakuan, dan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Pengumpulan data tentang keaktifan siswa diperoleh melalui observasi dan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes akhir sub bab. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII MTsN Kauman Ponorogo dengan jumlah siswa keseluruhan 99 siswa, yang terbagi menjadi empat kelas yaiti VIII A, VIII B, VIII C, dan VIII D. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Dari data ulangan harian yang dianalisis secara statistik diperoleh bahwa kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan alat penilaian berupa tes hasil belajar matematika dalam bentuk uraian yang diberikan pada akhir pokok bahasan. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik, yang merupakan kelas eksperimen 1 dan kelas kontrol 2. Hasil penelitian deskriptif yang diperoleh menunjukkan bahwa metode problem posing melalui kerja kelompok pada siswa kelas VIII MTsN Kauman Ponorogo efektif terhadap keaktifan siswa, hal ini dapat di lihat pada pertemuan ke-dua semua aspek yang di teliti masuk dalam kategori efektif, begitu pula pada pertemuan ke-tiga semua aspek masuk kategori efektif. Sedangkan perhitungan dalam hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen. Dari analisis data didapat nilai X_1= 81,625 ; X_2= 75,7 ; S_1^2=81,288 ; S_2^2=102,13 ;〖 n〗_1= 24 ; 〖 n〗_2=24. Dengan menggunakan uji satu pihak kanan dan taraf signifikansi 5% didapat nilai t_hitung=2,14 dan t_tabel=1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar siswa dengan metode problem posing melalui kerja kelompok pada kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil belajar pada kelas kontrol pada sub pokok bahasan operasi hitung pada bentuk aljabar siswa kelas VIII MTsN Kauman Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 02:24 |
Last Modified: | 23 Jan 2015 02:24 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/860 |
Actions (login required)
View Item |