AKHSAN DAWUDI, HAWIN (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N KAUMAN PONOROGO 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
artikel.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAGIAN DEPAN UJ.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
Text
BAB III 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V new.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB VI + Daftar pustaka.pdf Download (125kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TGT, motivasi siswa, prestasi belajar siswa. Rendahnya prestasi belajar matematika siswa di M.Ts Negeri Kauman Ponorogo disebabakan oleh motivasi siswa untuk belajar matematika yang kurang, banyak siswa yang menganggap matematika hanya sebagai mata pelajaran yang berhubungan dengan angka dan membosankan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Selain itu pemahaman setiap siswa pada materi pelajaran yang di sampaiakan guru juga memiliki daya serap yang berbeda-beda sehingga mengakibatkan hasil belajar yang di peroleh siswa berbeda-beda, ada yang mendapat nilai tinggi, sedang dan rendah. Pada sisw yang mendapat nilai rendah seringkali belum memenuhi nilai Kreteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode team game tournament. (2) Upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui metode team game tournament. (3) Mengetahui kendala-kendala dan peningkatan pada metode team game tournament pada saat pelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Pelaksanan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA M.Ts Kauman Ponorogo kec. Jambon Tahun Pelajaran 2013/2014 sebanyak 27 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi siswa, dan observasi guru. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada materi bangun ruang sisidatar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian siswa pada siklus I, siklus II dan siklus III menunjukkan bahwa motivasi siswa meningkat pada setiap aspek yang diamati. Seperti persentase banyak siswa yang mencapai ≥ 3 aspek sikap adalah (59,25%), (70,37%), (70,37%). pada persentase banyak siswa yang mencapai ≥ 3 aspek loyalitas adalah (51,85%), (70,37%), (77,77%). Persentase banyak siswa yang mencapai ≥ 3 aspek visi adalah (55,55%), (62,96%), (74,07%). Persentase banyak siswa yang mencapai ≥ 3 aspek durasi belajar adalah (62,96%), (66,66%), (81,48%). Dan persentase ketuntasan hasil hasil tes pada akir siklus I adalah 66,66%, siklus II adalah 70,37% dan siklus III adalah 85,18%. Dengan demikian menunjukkan bahwa prestasi siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 23 Jan 2015 03:09 |
Last Modified: | 23 Jan 2015 03:09 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/869 |
Actions (login required)
View Item |