WISNU ANGGARA, ERLANGGA (2022) CLICKBAIT PADA THUMBNAIL YOUTUBE (ANALISIS ISI PESAN DI CHANNEL GARUDA SPACE EDISI 4-16 JANUARI 2022). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Karya Ilmiah)
angga.pdf Download (112kB) |
|
Text (Halaman Depan)
1.HALAMAN DEPAN baru.pdf Download (682kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
Text (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ANGGA fixx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan tekhnologi berbanding lurus dengan kemudahan mengakses informasi dan bersosial media. Media youtube menjadi platform berbasis video yang paling banyak diakses oleh khalayak. Berdasarkan hal tersebut, Youtube pun memberikan keuntungan untuk konten kreator untuk memberikan suguhan video yang diperuntukan untuk khalayak luas. Keuntungan yang ditwarkan Youtube adalah dari segi materi. Alhasil dengan adanya tawaran menggiurkan tersebut, banyak konten kreator yang berlomba-lomba menyajikan berita yang menarik untuk ditonton. Berdasarkan hal tersebut muncullah praktik “Clickbait (umpan klik) yaitu suatu teknik yang dipakai pada bagian judul sebuah konten dalam menjaring sebanyak-banyaknya penonton agar para pembuat konten mendapatkan keuntungan yang diinginnkan. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan yaitu menganalisis isi pesan terhadap judul-judul clickbait pada thumbnail di channel Garuda Space Edisi 4-16 Januari. Dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan menjabarkan suatu fenomena yang ditemukan oleh peneliti secara apa adanya. hasil dari penelitian ini adalah 13 judul konten yang memakai clickbait (umpan klik) di channel youtube Garuda Space. Kemudian 13 judul konten dianalisis menggunakan analisis isi pesan yang disampaikan (message analysis).
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Clickbait, Youtube, Message Analysis |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
Depositing User: | fisip . userfisip |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 07:04 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 07:04 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8906 |
Actions (login required)
View Item |