CLICKBAIT PADA THUMBNAIL YOUTUBE (ANALISIS ISI PESAN DI CHANNEL GARUDA SPACE EDISI 4-16 JANUARI 2022)

WISNU ANGGARA, ERLANGGA (2022) CLICKBAIT PADA THUMBNAIL YOUTUBE (ANALISIS ISI PESAN DI CHANNEL GARUDA SPACE EDISI 4-16 JANUARI 2022). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Karya Ilmiah)
angga.pdf

Download (112kB)
[img] Text (Halaman Depan)
1.HALAMAN DEPAN baru.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text (Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ANGGA fixx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan tekhnologi berbanding lurus dengan kemudahan mengakses informasi dan bersosial media. Media youtube menjadi platform berbasis video yang paling banyak diakses oleh khalayak. Berdasarkan hal tersebut, Youtube pun memberikan keuntungan untuk konten kreator untuk memberikan suguhan video yang diperuntukan untuk khalayak luas. Keuntungan yang ditwarkan Youtube adalah dari segi materi. Alhasil dengan adanya tawaran menggiurkan tersebut, banyak konten kreator yang berlomba-lomba menyajikan berita yang menarik untuk ditonton. Berdasarkan hal tersebut muncullah praktik “Clickbait (umpan klik) yaitu suatu teknik yang dipakai pada bagian judul sebuah konten dalam menjaring sebanyak-banyaknya penonton agar para pembuat konten mendapatkan keuntungan yang diinginnkan. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai tujuan yaitu menganalisis isi pesan terhadap judul-judul clickbait pada thumbnail di channel Garuda Space Edisi 4-16 Januari. Dan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan menjabarkan suatu fenomena yang ditemukan oleh peneliti secara apa adanya. hasil dari penelitian ini adalah 13 judul konten yang memakai clickbait (umpan klik) di channel youtube Garuda Space. Kemudian 13 judul konten dianalisis menggunakan analisis isi pesan yang disampaikan (message analysis).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Clickbait, Youtube, Message Analysis
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:04
Last Modified: 22 Mar 2022 07:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8906

Actions (login required)

View Item View Item