Indayani, Tulus (2022) IMPLEMENTASI PERMAINAN PUZZLE TANAMAN UNTUK MENSTIMULASI KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA PADA KELOMPOK A DI BA ‘AISYIYAH TANJUNGSARI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya.pdf Download (434kB) |
|
Text (Halaman Depan)
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (618kB) |
|
Text (BAB I)
2 BAB I OK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB II)
3 BAB II OK.pdf Download (480kB) |
|
Text (BAB III)
4 BAB III OK.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text (BAB IV)
5 BAB IV OK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
6 BAB V OK.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Full.pdf Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tulus Indayani : Implementasi Permainan Puzzle Tanaman Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logika Matematika Pada Kelompok A di BA ‘Aisyiyah Tanjungsari. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Dian Kristiana, M.Pd, Pembimbing 2 Dr. M. Fadlillah, M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan implementasi permainan puzzle tanaman untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika pada kelompok A di BA ‘Aisyiyah Tanjungsari. Subjek penelitian ini adalah guru yang berjumlah 2 orang dan siswa kelas A di BA ‘Aisyiyah Tanjungsari yang berjumlah 14 anak. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tenik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan puzzle tanaman untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika pada kelompok A di BA ‘Aisyiyah Tanjungsari sudah terlaksana dengan baik. Sebelum melaksanakn pembelajran guru mempersiapkan terlebih dahulu peralatan yang akan digunakan untuk bermain kemudian menyampikan kepada anak tentang bagaimana cara bermainnya. Alat permainan edukatif sangat penting dan mampu menstimulasi berbagai kecerdasan pada anak usia dini. Sebagai contohnya yaitu permainan Puzzle. Respon anak ketika bermain puzzle tanaman yaitu mereka sangat antusias dan senang ketika bermain. Hambatan dalam bermain puzzle tanaman ini yaitu : 1). Terkadang masih ada beberapa anak yang masih kurang sabar dalam bermain puzzle pengennya cepet-cepet selesai dan bisa berganti dengan bentuk yang lain sehingga mereka terlihat masihkebingungan sekalidan saat meletakkan kepingan puzzle pun masih sering terbalik. 2), ketika guru menjelaskan masih ada anak yang asyik ngobrol sendiri dengan temannya dan tidak memperhatikan guru sehingga saat bermain masih mengalami kesulitan dan kebingungan. Kata Kunci :Permaianan Puzzle, Kecerdasan Logika Matematika, AUD
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permaianan Puzzle, Kecerdasan Logika Matematika, AUD |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 23 Mar 2022 07:08 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 07:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8939 |
Actions (login required)
View Item |