UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QUR’AN PONOROGO PADA MATA PELAJARAN SKI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING

Yuniana, Ariska N (2022) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PESANTREN ANAK SHOLEH BAITUL QUR’AN PONOROGO PADA MATA PELAJARAN SKI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah 24-Mar-2022 21-53-46.pdf

Download (261kB)
[img] Text (Halaman Depan)
01. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (662kB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB V)
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Yuniana, Ariska N. 2021. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Ponorogo pada Mata Pelajaran SKI Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping.Pembimbing(1) Katni,M.Pd.I (2) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I. Kata kunci: Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Metode Pembelajaran Mind Mapping Terdapat masalah yang ditemukan pada suatu lembaga yaitu prestasi belajar siswa yang mengalami ketidaktuntasan pada materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Pemilihan metode oleh guru yang kurang tepat merupakan salah satu penyebabnya. Selain itu, siswa merasa bahwa mata pelajaran SKI tidak mudah untuk dipahami dan dihafalkan karena banyak kisah, nama dan tahun-tahun masa lampau yang tidak familiar menurut mereka.Hal tersebut memotivasi peneliti untuk melaksanakan penelitian tentang upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada pelajaran SKI dengan metode Mind Mapping. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Ponorogo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menjelaskan dan memaparkan penerapan pembelajaran SKI menggunakan metode pelajaran mind mapping. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan dan memaparkan prestasi belajar siswa setelah pembelajaran SKI menggunakan metode mind mapping. Penelitian yang dilakukan, menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Masing-masing siklus memiliki empat tahapan: planning (perencnaan), acting (tindakan), observing (pengamatan)dan reflecting (refleksi). Sumber data yang digunakan berasal dari siswa kelas V dan guru mata pelajaran SKI di MI PAS Baitul Qur’an. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa: 1) Metode Mind Mapping efektif digunakan dalam pembelajaran SKI, dan 2) terdapat peningkatan pada prestasi belajar siswa pada pelajaran SKI. Dengan metode pembelajaran Mind Mapping, siswa lebih semangat dan antusias dalam kegiatan pembelajaran serta lebih mudah memahami dan mengingat materi pada pelajaran SKI. Nilai rata-rata kelas pada pre-tes adalah 62,5. Nilai rata-rata kelas pada siklus I adalah 71,6. Maka ada peningkatan dengan selisih 8,9. Dengan melihat jumlah siswa yang mendapat nilai dibawah KKM masih cukup banyak, yaitu 9 siswa, maka dilaksanakan tindakan kembali pada siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 81,8. Dan jumlah siswa yang tidak tuntas hanya 1 siswa saja. Prosentase nilai rata-rata kelas: hasil pre-tes 29%, siklus I 33% dan siklus II 38%. Prosentase siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM: pre-tes 31,8%, siklus I 59% dan siklus II 95,5%. Maka ada peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Pembelajaran Metode Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 25 Mar 2022 01:39
Last Modified: 25 Mar 2022 01:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8966

Actions (login required)

View Item View Item