Lestari, Dwi (2022) PERANAN PEMBELAJARAN SENI REYOG MINI DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER SISWA TK ALAM ISLAM HARAPAN PERTIWI PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (128kB) |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (860kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (974kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (937kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (673kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (792kB) |
|
Text (soft file)
gabung.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Lestari, Dwi , Nim : 18160154. Peranan Pembelajaran Seni Reyog Mini Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Siswa Tk Alam Islam Harapan Pertiwi Ponorogo Tahun Pelajaran 2019-2020. Pembimbing 1. Dr. Bambang Harmanto, M.Pd.I, dan Pembimbing II. Drs. Rido Kurnianto, M.Ag Pembelajaran seni Reyog mini di TK Alam Islam Harapan memiliki porsi waktu lebih banyak dari kegiatan lain. Lembaga beranggapan bahwa penanaman karakter dengan menguatkan budaya lokal memiliki keunggulan, apalagi Reyog sarat dengan makna dan nilai karakter yang cukup kuat. Porsi lebih tersebut terwujud dengan diadakannya pembelajaran seni Reyog mini sebanyak dua kali dalam satu minggu dengan 90 menit setiap harinya tentu saja wali murid selalu terlibat dalam kegiatan tersebut sehingga pembelajaran lebih mudah. Penelitian ini memfokuskan kajian pada : Bagaimanakah pembelajaran seni Reyog mini di TK Alam Islam Harapan Pertiwi Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020? Bagaimanakah pembelajaran nilai-nilai karakter Islami anak di TK Alam Islam Harapan Pertiwi Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020 ? Dan bagaimanakah dampak pembelajaran seni Reyog mini pada pembentukan karakter siswa di TK Alam Islam Harapan Pertiwi Ponorogo tahun pelajaran 2019-2020 Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini berupaya untuk menggambarkan dan menganalisis fenomena atau gejala yang terjadi pada Karakter siswa setelah mendapatkan pembelajaran seni reyog mini. Selanjutnya data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi tersebut akan dianalisis dengan menggunakan analisis induktif. Dengan hasil penelitian : 1. Pembelajaran seni reyog dilakukan secara kurikuler diatur secara terstruktr dalam jadual pelajaran dengan 2 kali pertemuan dalam satu minggu, dibimbing oleh guru pelatih yaitu pelatih reyog dari unsur guru TK Alam Islam Harapan Pertiwi sendiri. 2. Mayoritas informan memberikan apresiasi yang sangat positif, bahwa pembelajaran reyog dapat menjadi sarana pendidikan akhlak Islami, warna pendidikan tersebut akan sangat membantu menciptkan kebiasaan baik kepada anak-anak. 3. Data temuan penelitian tersebut menjelaskan bahwa seni reyog mini yang diajarkan di TK Alam Islam membawa dampak yang baik, karena setelah mendapatkan pendidikan seni reyog karakter positif lebih dominan berkembang pada peserta didik terbukti dengan semakin meningkatnya nilai heroisme dan kepahlawanan, semakin meningkatnya nilai-nilai nasionalisme, semakin meningkatnya nilai-nilai keberanian, semakin meningkatnya nilai kedisplinan, semakin meningkatnya nilai kejujuran dan kerja keras serta semakin meningkatnya nilai kerjasama dan tumbuhnya kreatifitas
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter, reyog mini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 05:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 05:04 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9061 |
Actions (login required)
View Item |