PEDOMAN PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Depdikbud, Depdikbud (2007) PEDOMAN PEMBELAJARAN BIDANG PENGEMBANGAN PEMBIASAAN DI TAMAN KANAK-KANAK. DEPDIKBUD.

[img] Text
01PEMBELAJARANPEMBIASAANDITK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (755kB)

Abstract

Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 28 menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur formal, non formal dan informal. Taman Kanak-kanak adalah pendidikan anak usia dini pada jalur formal. Usia 4-6 tahun, merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berpikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimilasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal pengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal. Tanda bahwa anak berkembang optimal mengejawantah pada perilaku sehari-hari yang pada gilirannya menjadi kebiasaan hidup. Pembiasaan merupakan bagian penting dalam tahapan penalaran prakonvensional dimana anak mula-mula mengembangkan keterampilan hidupnya lebih banyak bergantung pada faktor eksternal. Oleh karena itu, peran orangtua dan guru dalam mengembangkan pembiasaan berperilaku sebagaimana yang dikehendaki (misalnya: disiplin, mandiri) melalui contoh dan tindakan. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, tahapan ini akan berangsur-angsur menuju ke tahap konvensional dimana anak mulai mengembangkan nilai pribadi dan menjadikan nilai-nilai tertentu sebagai pemandu perilakunya.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Ebook
Depositing User: Amanda Candra Pratiwi
Date Deposited: 11 Feb 2015 02:07
Last Modified: 11 Feb 2015 02:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item View Item