Amalina, Fiki Ulya (2022) PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP) PADA MICRO TEACHING SELEKSI PENERIMAAN GURU BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SD MUHAMMADIYAH PONOROGO). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (4MB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Dalam rangka meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, SD Muhammadiyah Ponorogo mengupayakan ketersediaan tenaga pengajar yang kompeten melalui tahapan seleksi tes micro teaching. Berdasarkan data dari dewan penguji di SD Muhammadiyah Ponorogo, sebanyak 20 peserta calon guru yang mendaftar akan mengikuti seleksi tes micro teaching. Proses pemilihan semakin sulit karena melibatkan banyak peserta dan kriteria penilaian terutama untuk calon guru dengan skor yang sama/hampir sama. Hal ini disebabkan oleh proses penilaian yang subjektif atau berspekulasi tanpa alat bantu seperti pembobotan tiap kriteria. Selain itu, subjektifitas yang tinggi menyebabkan lamanya proses pengambilan keputusan sedangkan pihak dewan penguji harus memilih 5 peserta dengan nilai tertinggi untuk mengikuti tes penerimaan guru selanjutnya. Beberapa kandidat memperoleh nilai yang sama dan berpotensi menimbulkan human error pada proses pengambilan keputusan. Oleh karenanya, sistem pendukung keputusan ini dibutuhkan guna memudahkan pihak sekolah SD Muhammadiyah Ponorogo dalam penilaian micro teaching calon guru agar hasilnya lebih objektif, akurat dan efektif. Pengujian sistem menggunakan metode black box dan pengujian kolerasi menggunakan metode confusion matrix dengan tingkat akurasi sebesar 90%, presisi dan recall sebesar 80% yang menunjukkan bahwa hasil sistem dapat dijadikan rekomendasi pada micro teaching seleksi penerimaan guru di SD Muhammadiyah Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem pendukung keputusan, Micro teaching, Seleksi penerimaan guru, Metode Weighted Product. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 05:51 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 05:51 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9372 |
Actions (login required)
View Item |