ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMINFO KABUPATEN PONOROGO DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PONOROGOKAB PERIODE POSTINGAN 20 APRIL 2022 - 20 JUNI 2022

Wibowo, Aji Cahyo (2022) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMINFO KABUPATEN PONOROGO DALAM MENYEBARKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PONOROGOKAB PERIODE POSTINGAN 20 APRIL 2022 - 20 JUNI 2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Unggah Karya Ilmiah)
Surat Unggah Karya Ilmiah.pdf

Download (282kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (605kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan penyebaran informasi yang semakin bervariasi saat ini membuat instansi pemerintahan semakin menggeliat dalam hal menyebarkan informasi, apalagi akun media sosial Pemerintah Kabupaten Ponorogo khususnya instagram mengalami peralihan pengelolaannya yang dulu dikelola oleh Humas Pemerintah Kabupaten Ponorogo dibawah naungan Prokopim sekarang beralih ke Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo yang dimana pastinya ada perubahan strategi komunikasi dalam penyebaran informasi. Maka dari itu peneliti tertarik meneliti strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo dalam menyebarkan informasi pada akun Instagram @ponorogokab periode postingan 20 April 2022 – 20 Juni 2022, karena akun tersebut merupakan salah satu akun media sosial Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang paling banyak audiensnya. Proses identifikasi strategi komunikasi ini menggunakan teori Four Pillars Social. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu Kabid pengelolaan informasi dan komunikasi publik, Kasi pengelolaan informasi publik dan Followers akun instagram @ponorogokab. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo dalam menyebarkan informasi melalui media sosial instagram pada periode postingan 20 April 2022 – 20 Juni 2022 belum sepenuhnya baik setelah diidentifikasi menggunakan teori Four Pillars Social komunikasi, kolaborasi, edukasi, dan hiburan. Dinas Kominfo Kabupaten Ponorogo kedepannya ingin lebih meningkatkan kualitas informasi pada akun media sosial instagram @ponorogokab. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Informasi, Media Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Informasi, Media Sosial
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: fisip . userfisip
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:17
Last Modified: 10 Aug 2022 06:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9379

Actions (login required)

View Item View Item