Nurrochman, Azis (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NAHDHOTUT THOLIBIN MASJID JAMI’ PILANGREJO SURODIKRAMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Image
Surat persetujuan Unggah karya Ilmiah_001.jpg Download (158kB) | Preview |
|
Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN-AZIZ.pdf Download (1MB) |
||
Text (BAB I)
BAB 1-AZIZ.pdf Download (152kB) |
||
Text (BAB II)
BAB 2-AZIZ.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3-AZIZ.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4-AZIZ.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5-AZIZ.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (714kB) |
||
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL- AZIZ.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat Islam yang banyak mengajarkan kebaikan. Taman Pendidikan Al-Qur’an memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, agar anak dapat membaca, memahami, dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam hidup mereka. Oleh karena itu, hendaknya diterapkan sejak dini kepada anak, sebagaimana yang telah dilaksanakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mengetahui implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo, Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo, untuk mengetahui hasil implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data dan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion) dan yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yang harus dilalukan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo, yaitu: kegiatan pembelajaran dimulai pada pukul 15.00-17.00 dan dilakukan dengan teknik yang efektif dan menarik (permainan, kisah Nabi, tebak-tebakan, dll), menggunakan metode campuran (Ummi, Wafa, dan Qiroati) sesuai kemampuan tenaga pengajar dan anak didik, dan memberikan buku monitoring untuk diisi orang tua sebagai bahan evaluasi penerapan pembelajaran yang telah didapatkan di TPQ dalam kehidupan sehari-hari. 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdhotut Tholibin, yaitu: faktor pendukung; a) adanya dukungan dari diri sendiri, orang tua, dan guru. b) metode dan sistem pembelajaran diterapkan dengan baik dan maksimal. Faktor penghambat; a) kurangnya dukungan dari orang tua, b) metode pembelajaran belum seragam, c) kurangnya prasarana yang memadai. 3) Hasil implementasi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Nahdhotut Tholibin Masjid Jami’ Pilangrejo Surodikraman Ponorogo, yaitu: lebih fokus dan semangat dalam proses pembelajaran, berperilaku positif dan secara bertahap mampu menerapkan adab dalam kehidupan sehari-hari, mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:37 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9491 |
Actions (login required)
View Item |