Herbiansyah, Andre Muhamad (2022) PENGARUH VARIASI CAMPURAN ECO RACING TERHADAP PERFORMA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR GL MAX. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (416kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (94kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (154kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kebutuhan kendaraan bermotor di Indonesia mengalami peningkatan, mengikuti kondisi masyarakat Indonesia yang bermobilitas tinggi. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang berupaya mengendalikan penggunaan Bahan Bakar Minyak, sehingga diperlukan solusi untuk memodifikasi nilai oktan dari bahan bakar yang digunakan dengan tetap memperhatikan performa dan emisi gas buang dari kendaraan. Penambahan Eco Racing pada pertalite dapat meningkatkan nilai oktan, sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi Eco Racing terhadap performa, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor GL Max. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pengujian menggunakan Dynamometer dan Gas Analyzer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi Eco Racing berpengaruh terhadap performa, konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang pada sepeda motor Gl Max dengan campuran terbaiknya yaitu 2 tablet Eco Racing. Performa mengalami kenaikan dengan torsi terbaik yang dihasilkan adalah 9,15 Nm dan daya terbaik yang dihasilkan adalah 9,8 HP. Konsumsi bahan bakar semakin berkurang hingga mencapai nilai 2,1 kg/kWh, sehingga lebih hemat bahan bakar. Emisi gas buang lebih ramah lingkungan di mana CO menjadi 5,91%, HC menjadi 6011 ppm, dan CO2 menjadi 2,63%, sedangkan O2 meningkat menjadi 11,51%. Kondisi kendaraan berpengaruh terhadap performa, sehingga kenaikan torsi dan daya hanya dapat dipertahankan hingga putaran 8000 rpm dan campuran Eco Racing tidak mampu menurunkan emisi Hidrokarbon hingga berada di bawah nilai ambang batas. Di mana pada penelitian ini Hidrokarbon hanya mampu diturunkan hingga 6011 ppm,sedangkan nilai ambang batas yang telah ditetapkan adalah 2400 ppm.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daya, Eco Racing, Emisi Gas Buang, GL Max, Konsumsi Bahan Bakar, Motor Bakar, Pertalite, Torsi |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 06:59 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 06:59 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9529 |
Actions (login required)
View Item |