IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS GREEN SCHOOL DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 5 KOTA MADIUN

Kurniawan, Hari (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS GREEN SCHOOL DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 5 KOTA MADIUN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hari Kurniawan. (2022). Implementasi pembelajaran PAI berbasis green school dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan di SMP Negeri 5 kota Madiun. Skripsi Program S1 Jurusan Pendidikan Agama Islam. Pembimbing (I) Dr.Ridho Kurnianto,M.Ag. dan Pembimbing (II) Aldo Redho Syam M.Pd.I Kerusakan lingkungan saat ini menjadi masalah yang aktual dan esensial, hal ini diperparah dengan menurunya sikap peduli lingkungan, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah diperlukan adanya penanaman sikap peduli lingkungan kepada manusia. Pendidikan sebagai tempat dalam menginternalisasikan nilai, ilmu pengetahuan dan sikap memiliki peranan besar dalam upaya menanamkan sikap peduli lingkungan kepada peserta didik. Selama ini pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah, hanya sampai pada ranah kognitif bersifat keagamaan saja, tetapi belum sampai pada tahap penyadaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan agama Islam berbasis green school, implementasi pembelajaran PAI berbasis green School, dan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran PAI berbais green school di SMP Negeri 5 kota Madiun. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber penelitiannya adalah guru pendidikan agama Islam, Waka kurikulum, Kepala sekolah, dan Siswa-siswi SMP Negeri 5 Kota Madiun. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Implementasi pembelajaran PAI berbasis green school di SMP Negeri 5 Kota Madiun sudah berjalan sesuai pedoman pelaksanaan sekolah hijau, dengan memasukan nilai nilai ekologi dalam proses pembelajaran green school. (2)Konsep pembelajaran PAI berbasis green school terbagi menjadi dua metode pembelajaran yakni pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas dengan mengaplikasikan Kooperativ learning, problem based learning, dan pendekatan kontekstual (3)Faktor pendukung pelaksanaan sekolah berbasis green school di antaranya kebijakan yang tertuang dalam visi dan misi sekolah, ketersediaan sarana prasarana yang memadai, dan keterlibatan aktif warga sekolah, Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis green school adalah masih terdapat siswa yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan, pembelajaran PAI berbasis green school membutuhkan waktu ekstra karena selain pembelajaran teori juga memerlukan praktik nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Green school, Sikap peduli lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:02
Last Modified: 29 Aug 2022 02:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9869

Actions (login required)

View Item View Item