MEILANI, AGUSTIA (2014) MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIFITAS BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI (PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA) PADA SISWA KELAS IV SDN 01 NAMBANGREJO SUKOREJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (629kB) | Preview |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (305kB) |
||
|
Text
ABSTRAK_Kata_Pengantar.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Meilani, Agustia. 2014. Meningkatkan prestasi dan aktifitas belajar matematika dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada siswa kelas IV SDN 01 Nambangrejo Sukorejo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I : Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd. Pembimbing II: Intan Sari Rufiana, M.Pd. Kata kunci : Aktifitas siswa, Prestasi belajar matematika, Pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru seringkali menggunakan pendekatan tradisional yang hanya berpusat pada guru dan menempatkan siswa sebagai objek yang menyebabkan pembelajaran terkesankan membosankan sehingga siswa cenderung pasif dan prestasi belajar tidak mencapai KKM yang telah ditentukan. Proses penyampaian materi masih bersifat abstrak dan sama sekali tidak menggunakan media pembelajaran. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah dengan menggunakan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo? (2) Apakah dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo? Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (1) Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). (2) Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) pada siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 94,12% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100%. Akitifitas belajar siswa kelas IV SDN 01 Nambangerjo dengan pendekatan PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Yaitu pada siklus I presentase aktifitas kelas yang diperoleh adalah 58,82% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94,11%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 04 Apr 2014 01:44 |
Last Modified: | 04 Apr 2014 01:49 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/99 |
Actions (login required)
View Item |