ANALISA KEGAGALAN POROS RODA BELAKANG PADA KENDARAAN TRUCK MITSUBISHI CANTER 125 PS

FATHUR ROHMAN, MUHZIZIN (2022) ANALISA KEGAGALAN POROS RODA BELAKANG PADA KENDARAAN TRUCK MITSUBISHI CANTER 125 PS. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (546kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Poros merupakan komponen kendaraan yang berputar dan berfungsi menyalurkan tenaga yang berpenampang melingkar. Pada penelitian ini melakukan analisa kegagalan poros roda belakang dengan cara melakukan beberapa pengujian untuk mendapatkan faktor terjadinya kegagalan. Penelitian ini dilakukan beberapa pengujian diantaranya uji impact, uji kekerasan, uji komposisi, uji mikro, dan uji makro. Dari pengujian impact didapatkan nilai terendah 0,17 j/mm2 dan nilai tertinggi 0,34 j/mm2 sedangkan nilai rata-ratanya 0,27 j/mm2. Dari hasil pengujian kekerasan terjadi peningkatan nilai kekerasan pada dekat lokasi patahan sebesar 61 HVN sedangkan nilai yang jauh dari patahan sebesar 52,91 HVN. Pada pengujian komposisi kimia ditemukan adanya peningkatan kandungan sulfur (S) yang seharusnya kurang dari 0,035% dan meningkat menjadi 0,053% dan mengakibatkan bertambahnya sifat rapuh pada material. Dari hasil pengamatan struktur mikro terdapat tiga fasa yaitu ferit, perlit, dan martensit yang didominasi oleh fasa martensit. Pada pengamatan makro dapat diklasifikasikan sebagai patah getas dengan adanya initial crack ( awal patah ), perambatan, dan final crack (akhir patah ). Kata Kunci : Poros, Impact, Kekerasan, Komposisi, Mikro, Makro

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Poros, Impact, Kekerasan, Komposisi, Mikro, Makro
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:02
Last Modified: 31 Aug 2022 07:02
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9936

Actions (login required)

View Item View Item