Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Pendidikan Dasar

Sumaryanti, Lilis, Syam, Aldo Redho and Wulansari, Ayu (2021) Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Siswa Pendidikan Dasar. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education (AJBE), 5 (2). pp. 37-46. ISSN ISSN: 2654-6329 (Print), ISSN: 2548-9992 (Online)

[img] Text
6. Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga.pdf

Download (243kB)
[img] Text
6. Hasil Cek Plagiasi_Pemanfaatan Barang Bekas Plastik Sebagai Alat Peraga.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/a...

Abstract

Tujuan pengabdian pemanfaatan barang bekas plastik sebagai alat peraga edukatif (APE) dalam proses pembelajaran siswa pendidikan dasar ini adalah untuk (1) memberikan pelatihan pada guru tentang tata cara pembuatan APE untuk siswa, (2) membekali guru untuk mampu kreatif dalam membuat APE dari bahan dasar barang bekas, (3) memotivasi dan mendorong guru untuk mampu membuat APE dari barang bekas, sehingga menjadi karya baru dan bisa digunakan sebagai media pembelajaran yang ramah lingkungan. Sasaran dari pengabdian ini adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an Gontor Ponorogo. Metode yang digunakan dalam program pengabdian ini adalah metode pelatihan, praktik, dan sosialisasi. Evaluasi kegiatan dalam bentuk tes dan wawancara kepada guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo dengan analisis datanya menggunakan kualitatif. Hasil pengabdian pemanfaatan barang bekas plastik sebagai alat peraga edukatif (APE) dalam proses pembelajaran siswa pendidikan dasar yang dilaksanakan bagi guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan guru MI PAS Baitul Qur’an Gontor Ponorogo, yaitu (1) peningkatan pengetahuan dan wawasan guru ini berkaitan dengan pemahaman guru akan bagaimana prosedur, teknik, dan metode dalam proses pembuatan alat permainan edukatif (APE) menggunakan barang bekas; dan (2) peningkatan keterampilan guru MI PAS Baitul Qur’an tampak nyata pada kemampuan guru dalam membuat APE sesuai dengan prosedur dan petunjuk yang telah dipaparkan oleh pemateri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Scraps, Educative Teaching Aid, Learning Process, Primary Education
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:46
Last Modified: 28 Nov 2022 06:46
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10657

Actions (login required)

View Item View Item