ANALISIS PROSES KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN J. MASON, L. BURTON DAN K. STACEY

RIZKY SEPTIAWAN, RIZKY (2015) ANALISIS PROSES KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI DIMENSI TIGA BERDASARKAN J. MASON, L. BURTON DAN K. STACEY. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Proses kemampuan berpikir, berpikir matematis, memecahkan masalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kemampuan berfikir matematis siswa dalam memecahkan masalah materi dimensi tiga berdasarkan J. Mason, L. Burton & K. Stacey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data tertulis dari hasil pekerjaan siswa dan data hasil wawancara dengan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Pada tahap entry siswa mencoba mencari apa yang diketahui dan ditanyakan dalam masalah serta sebagian siswa ada yang memformulasikan masalah ke dalam bentuk gambar kemudian menganalisisnya. Selain itu siswa mencoba mengingat materi yang didapatkan sebelumnya. (2) Pada tahap Attack siswa mengaitkan informasi yang didapatkan di tahap sebelumnya. Setelah itu siswa membuat dugaan untuk menyusun langkah-langkah, kemudian mengaplikasikannya dalam menyelesaikan soal sehingga mendapatkan jawaban penyelesaian. Selain itu siswa berusaha meyakinkan diri sendiri dan oranglain bahwa langkah dan hasil penyelesaian yang ia kerjakan bernilai benar. (3) Pada tahap Review siswa memeriksa kembali pekerjaannya, mulai dari tahap entry sampai di attack. Selain itu dalam melewati kendala yang dihadapi, beberapa siswa mencoba memeriksa kembali agar tidak terjebak dalam masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Apr 2015 02:06
Last Modified: 15 Apr 2015 02:06
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item