PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI DESA BANJARSARI KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN

BAGUS SAPUTRO, JANUWARSO (2015) PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK PRASEKOLAH DI DESA BANJARSARI KECAMATAN MADIUN KABUPATEN MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Perkembangan kognitif menunjukan perkembangan dari cara anak berfikir, kemampuan anak untuk mengkordinasikan berbagai cara berfikir untuk menyelesaikan berbagai masalah. Bentuk perkembangan kognitif pada anak usia pra sekolah adalah anak dapat merancang, mengingat, dan mencari penyelesaian masalah yang dihadapi, anak mampu membedakan hal-hal yang diamati. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan kognitif anak adalah pengetahuan ibu. Adanya tingkat pengetahuan ibu yang rendah tentang perkembangan kognitif anak, akan mengakibatkan anak cenderung manja dan tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang perkembangan anak usia pra sekolah. Jenis penelitian ini deskriptif penelitian ini diarahkan untuk menguraikan suatu keadaan atau didalam komunitas atau masyarakat. Penelitian ini akan memaparkan tentang tingkat pengetahuan ibu dalam perkembangan kognitif anak prasekolah. Populasi 70 responden dan sampel sejumlah 60 responden diambil secara purposive sampling. variable yang digunakan adalah pengetahuan ibu dalam perkembangan kognitif anak pra sekolah. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, data yang terkumpul dilakukan pengolahan yaitu penyuntingan data dan tabulasi dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi maupun distribusi silang yang dikonfirmasikan dalam bentuk prosentasae dan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah responden yang termasuk dalam kategori memilik pengetahuan yang baik ada 37 responden (61,7%), kategori pengetahuan cukup ada 20 responden (33,3%), dan yang masuk kategori pengetahuan kurang ada 3 responden (5%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan acuan untuk pengembangan penelitian lebih lanjut khususnya terkait perkembangan kognitif anak pada usia prasekolah, karena telah diketahui bahwa perkembangan kognitif berkembang pesat pada anak usia dini, juga diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar meneliti perkembangan kognitif anak usia dini. Kata kunci : Pengetahuan ibu, Perkembangan Kognitif, Anak Prasekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 15 Apr 2015 03:09
Last Modified: 15 Apr 2015 03:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item