PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII TINGKAT SMP

ENDAH SULISTIANA, TINA (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII TINGKAT SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Modul matematika merupakan salah satu bahan ajar yang bisa membantu siswa dalam memahami suatu materi pelajaran matematika. Materi matematika yang bersifat abstrak dan dianggap sulit bagi siswa aljabar, karena pada materi aljabar memuat simbol-simbol yang dinyatakan dengan huruf atau yang sering disebut dengan variabel. Untuk mengatasi masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuat modul matematika yang baik pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII tingkat SMP. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono, akan tetapi karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya maka hanya sampai pada tahap uji coba produk. Langkah-langkah pengembangannya (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Desain produk yang dihasilkan berupa modul matematika persamaan kuadrat yang divalidasi oleh 3 validator dengan hasil persentase 88.78025% yang menunjukkan bahwa modul tersebut valid, kemudian direvisi berdasarkan saran dan masukan dari validator. Modul yang telah direvisi diujicobakan secara terbatas dengan jumlah responden 7 siswa sampai menunjukkan siswa tersebut benar-benar memahami materi, yang kemudian memberikan respon dengan hasil persentase sebesar 81.1904% yang menyatakan bahwa penggunaan modul tersebut mendapat respon positif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa modul matematika persamaan kuadrat untuk kelas VIII tingkat SMP. Hasil persentase dari validasi dan respon siswa terhadap modul tersebut menunjukkan bahwa modul matematika persamaan kuadrat dinyatakan valid dan bisa digunakan sebagai bahan belajar. Kata kunci: modul matematika, persamaan kuadrat, penelitian dan pengembangan, penelitian dan pengembangan Sugiyono

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 01:19
Last Modified: 30 Oct 2015 01:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1218

Actions (login required)

View Item View Item