ENDAH SULISTIANA, TINA (2015) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT KELAS VIII TINGKAT SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Modul matematika merupakan salah satu bahan ajar yang bisa membantu siswa dalam memahami suatu materi pelajaran matematika. Materi matematika yang bersifat abstrak dan dianggap sulit bagi siswa aljabar, karena pada materi aljabar memuat simbol-simbol yang dinyatakan dengan huruf atau yang sering disebut dengan variabel. Untuk mengatasi masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk membuat modul matematika yang baik pada pokok bahasan persamaan kuadrat kelas VIII tingkat SMP. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono, akan tetapi karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya maka hanya sampai pada tahap uji coba produk. Langkah-langkah pengembangannya (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Desain produk yang dihasilkan berupa modul matematika persamaan kuadrat yang divalidasi oleh 3 validator dengan hasil persentase 88.78025% yang menunjukkan bahwa modul tersebut valid, kemudian direvisi berdasarkan saran dan masukan dari validator. Modul yang telah direvisi diujicobakan secara terbatas dengan jumlah responden 7 siswa sampai menunjukkan siswa tersebut benar-benar memahami materi, yang kemudian memberikan respon dengan hasil persentase sebesar 81.1904% yang menyatakan bahwa penggunaan modul tersebut mendapat respon positif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa modul matematika persamaan kuadrat untuk kelas VIII tingkat SMP. Hasil persentase dari validasi dan respon siswa terhadap modul tersebut menunjukkan bahwa modul matematika persamaan kuadrat dinyatakan valid dan bisa digunakan sebagai bahan belajar. Kata kunci: modul matematika, persamaan kuadrat, penelitian dan pengembangan, penelitian dan pengembangan Sugiyono
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 01:19 |
Last Modified: | 30 Oct 2015 01:24 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1218 |
Actions (login required)
View Item |