TUMINAH, TUMINAH (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (484kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (719kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Kata kunci: Modul, Pembelajaran Matematika, dan Pecahan Penelitian ini mengacu pada permasalahan yang dialami siswa yaitu banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika khususnya pada materi pecahan. Meski materi pecahan telah diajarkan sejak usia sekolah dasar akan tetapi pada kenyataanya masih banyak siswa kelas VII SMP/MTs yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pecahan. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari konsep awal pecahan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu membuat modul pembelajaran matematika pada materi pecahan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan R&D. Model pengembangan yang penulis gunakan adalah model pengembangan Borg & Gall. Akan tetapi dalam penelitian ini penulis mengacu pada penelitian sebelumnya yaitu yang dilakukan oleh Tim Puslitjaknov (2008) telah melakukan beberapa revisi terhadap langkah-langkah pengembangan Borg & Gall menjadi lima langkah utama yaitu 1) Melakukan analisis produk yang dikembangkan; 2) Mengembangkan produk awal; 3) Validasi ahli dan revisi; 4) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; 5) Uji coba lapangan skala besar dan produk akhir.Sebelum dilakukan uji coba skala kecil terlebih dahulu modul pembelajaran di validasikan kepada para ahli yaitu satu dosen matematika dan dua guru matematika. Setelah melakukan beberapa revisi maka diperoleh hasil presentase persepsi validator yaitu 87,33%. Adapun hasil dari observasi menunjukan terdapat sebagian siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi dalam modul sehingga perlu dilakukan sedikit revisi. Setelah melakukan revisi dan dilakukan observasi kedua diperoleh kualitas modul pembelajaran matematika yaitu Baik. Sedangkan rata-rata presentase angket respon siswa mencapai 83,33% hal ini berarti respon siswa terhadap pengembangan modul pembelajaran matematika adalah positif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu produk modul pembelajaran matematika berkualitas baik, mendapat respon positif dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Saran yang dapat diajukan yaitu untuk penelitian kedepannya diharapkan dapat mengembangkan sebuah modul pembelajaran dengan materi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 03:19 |
Last Modified: | 30 Oct 2015 03:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1223 |
Actions (login required)
View Item |