EKASARI, DINA (2015) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Modul, Operasi Aljabar Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP/MTs salah satunya adalah bahan ajar yang digunakan kurang membantu siswa dalam pembelajaran karena jumlahnya terbatas. Dari permasalahan tersebut diperlukan suatu solusi yaitu mengembangkan modul untuk menunjang bahan ajar yang sudah ada, dengan kata lain buku tambahan untuk siswa atau buku suplemen siswa yang dibuat semenarik mungkin. Materi yang diambil peneliti untuk dikembangkan menjadi materi ajar dalam modul adalah materi operasi aljabar. Dengan demikian peneliti tidak mengembangkan materi baru namun membuat modul yang baik dan menarik sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi dan memotivasi siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya, maka penelitian dilakukan sampai pada tahap ujicoba produk (ujicoba terbatas), kemudian dilakukan revisi produk, dan hasil akhir yang berupa modul pembelajaran yang telah direvisi sebanyak dua kali. Modul pembelajaran telah divalidasi oleh 1 dosen pendidikan matematika dan 2 guru matematika. Hasil validasi menunjukkan persentase persepsi validator 84,3% dan masuk dalam kriteria validasi yang pertama yaitu sangat baik. Kemudian modul diujicobakan terbatas dan diperoleh angket respon siswa dengan skor total 91,7%, sehingga respon siswa terhadap pengembangan modul positif, dan melalui observasi dilakukan revisi tahap ke dua untuk penyempurnaan modul. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan baik, layak digunakan, dan menarik untuk dipelajari. Pengembangan modul menggunakan gambar dan warna yang menarik dapat menimbulkan ketertarikan siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Dec 2015 02:41 |
Last Modified: | 12 Dec 2015 02:41 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |