STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH (Studi Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo)

Satriawan, Dipin (2015) STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK DI SEKOLAH (Studi Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (380kB) | Preview
Official URL: http://libraryumpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Pembinaan Akhlak siswa MA. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pendidikan agama Islam harus diberikan sejak dini kepada siswa. Tujuan akhir dari pembelajaran ini untuk memberikan pembinaan terhadap akhlak siswa. Dalam kenyataannya pembinaan akhlak yang dilakukan belum dapat memberikan pengaruh terhadap akhlak siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui materi yang digunakan dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa MA Yanggong. Untuk mendeskripsikan strategi pembinaan akhlak siswa Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo. Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanan pembinaan akhlak siswa MA Yanggong.Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah, Apa materi pembinaan akhlak siswa yang diterapkan di MA yanggong, Bagaimana strategi pembinaan akhlak siswa MA Yanggong dan Apa kelebihan dan kekurangan pembinaan akkhlak di MA Yanggong. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pembinaan akhlak siswa melalui kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islamdi dalam kelas. Serta upaya-upaya yang dilakukan dalam pembinaan akhlak siswa sebagai tindak lanjut, kemudian dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pembelajaran PAI dalam pembinaan akhka siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan: (1) Materi pembinaan, sedikit berbeda dengan sekolah formal pada umumnya, Materi yang digunakan dalam pembinaan akhlak di sekolah pada umumya yaitu: akidah akhlak, qur’an hadist, fiqih, SKI. Sedangkan materi pembinaan Akhlak di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Yanggong ponorogo ini di tambah dengan 2 matri yaitu: PKN dan sosiologi. (2) Strategi pembinaan melalui: pendekatan personal, pembiasaan yang baik, memberikan teladan, hafalan surat pendek sebagai prasyarat dan penyampaian hikmah. (3) Faktor Pendukung dan Penghambat Kegiatan Pembinaan. a. Faktor pendukung kegiatan pembinaan Akhlak siswa MA Muhammadiyah 2 Yanggong Ponorogo adalah: motivasi dan dukungan dari orang tua, sarana yang lengkap, dan komitmen bersama. b. Faktor penghambat kegiatan pembinaan adalah: kurangnya tenaga pengajar, kurangnya kesadaran dari siswa, fasiltas kadang kurang mendukung, waktunya yang nanggung, lingkungan masyarakat (pergaulan).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Dec 2015 02:11
Last Modified: 14 Dec 2015 02:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item