MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL MAGETAN

Fauzi Setiawan, Ikhtiar (2015) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ISLAMIC INTERNATIONAL SCHOOL MAGETAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL: http://libraryumpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Manajemen merupakan kegiatan yang terdiri dari merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai dengan memanfaat sumber daya yang ada. Mutu pembelajaran PAI berdasarkan mengacu pada kualitas pembelajaran PAI, mengacu pada pendekatan system, mengacu pada teori belajar dan pembelajaran, mengacu pada belajar perseorangan (individual), mengacu pada hasil belajar, mengacu pada kemudahan belajar, mengacu pada interrelasi variabel pembelajaran, mengacu pada kualitas metode pembelajaran, mengacu pada wawasan tentang teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Agama Islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Islamic International School (IIS) Magetan adalah lembaga pendidikan yang menerapkan manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di IIS Magetan, (2) Mengetahui hasil manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di IIS Magetan, (3) Mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam manajemen mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di IIS Magetan. Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di Islamic International School (IIS) Magetan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul terkait manajemen pembelajaran PAI, dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan (1) manajemen pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di IIS sudah baik, pengelolaanya mencakup perencanaan pembelajaran yang meliputi: Interrelasi variabel pembelajaran, kemudahan belajar, kualitas metode pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: kualitas pembelajaran, pendekatan sistem, teori belajar dan pembelajaran, belajar perseorangan, wawasan tentang tekonologi pembelajaran. dan evaluasi pembelajaran yang meliputi: hasil belajar, semua aspek tersebut sudah mengarah pada manajemen pembelajaran PAI yang bermutu. Dengan berpijak data di atas peneliti menyarankan manajemen pembelajaran PAI di IIS Magetan diharapkan dapat diimplementasikan secara optimal agar hasil yang dicapai lebih maksimal, sarana dan fasilitas pembelajaran diharapkan dapat ditingkatakan agar pembelajaran PAI dapat berjalan lebih baik, pihak orang tua agar turut mendukung manajemen dan program pemeblejaran PAI di IIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Dec 2015 02:36
Last Modified: 14 Dec 2015 02:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item