Ernawati, Defika (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (483kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan yang terjadi dalam dunia teknologi juga memberikan dampak terhadap dunia pendidikan. Kemajuan teknologi yang dapat dimanfaatkan salah satunya untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Dengan memanfaatkan komputer atau sejenenisnya, diharapkan dapat memberikan suasana yang berbeda dalam sebuah pembelajaran. Memberikan kesan yang mendalam serta memberikan pemahaman kepada siswa dalam rangka proses pembelajaran. Letak kesulitan siswa dalam materi himpunan ini adalah mengenai penulisan lambang himpunan serta operasi dalam himpunan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media yang berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran himpunan untuk siswa kelas VII SMP. Dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran himpunan. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah dari metode peneltian tersebut adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, dan hasil akhir. Data penelitian adalah hasil dari validasi dari validator dan uji coba yang dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran hasil pengembangan berkategori sangat layak dengan persentase 91%. Sedangkan validasi desain media pembelajaran masuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 89%. Ketika diujicoba media pembelajaran medapatkan persentase kelayakan sebesar 76,3%. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Keunggulan dengan menggunakan konsep multimedia interaktif adalah pembelajaran menjadi lebih menarik, karena siswa mampu berinteraksi langsung secara komunikatif dengan media pembelajaran melalui feedback yang diberikan oleh media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash 8, Himpunan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:00 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 02:00 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1784 |
Actions (login required)
View Item |