EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICI DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 DOLOPO DI SMP NEGERI 3 DOLOPO

DEWI NURJANAH, TRI (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICI DAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI 3 DOLOPO DI SMP NEGERI 3 DOLOPO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Berawal dari tingkat pemahaman konsep matematika siswa masih rendah yang diindikasikan dengan hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh cara pembelajaran yang tidak melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa tidak memahami konsep dari materi yang mereka pelajari. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang melibatkan siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya model pembelajaran interactive conceptual instructions dan model pembelajaran discovery learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan antara penerapan model pembelajaran interactive conceptual instruction dan model pembelajaran discovery learning dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa; (2) mana yang lebih efektif antara model pembelajaran interactive conceptual instruction dan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Dolopo yang terdiri dari 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara simple random sampling dan didapat dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran discovery learning dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran interactive conceptual instruction. Hasil penelitian dalam uji-t rerata didapat hasil = 0,500 dan = 2,021. Karena sehingga dapat disimpulkan bahwa diterima. Artinya tidak terdapat perbedaan antara rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran interactive conceptual instruction dengan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajarkan dengan model pembelajaran discovery learning. Sedangkan dalam uji paired sample t-test pada kelompok yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran interactive conceptual instruction dan kelompok dengan perlakuan model pembelajaran discovery learning didapatkan hasil = 5,179 untuk kelompok dengan model pembelajaran interactive conceptual instruction, dan = 6,702; untuk kelompok dengan model pembelajaran discovery learning, sedangkan Hasil uji dari kedua kelompok menunjukkan bahwa sehingga disimpulkan bahwa ditolak. Artinya perlakuan dengan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, begitu juga perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sehingga dapat disimpulkan perlakuan dengan model pembelajaran Interactive Conceptual Instruction dan perlakuan dengan model pembelajaran Discovery Learning sama efektifnya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Kata Kunci : ICI , Discovery Learning, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 03:01
Last Modified: 30 Mar 2016 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item