Budiono, Alan (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI OPERATOR ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 2 JETIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (323kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (650kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata kunci : Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Kurikulum 2013, Operator Aljabar Perkembangan teknologi berpengaruh pada bidang pendidikan, salah satunya media yang digunakan pada proses pembelajaran. Penggunaan media yang sesuai dengan kurikulum 2013 melalui pendekatan saintifik diharapkan siswa lebih aktif untuk menguasai materi secara mandiri sehingga pembelajaran akan berpusat kepada siswa. Operator aljabar merupakan salah satu materi yang diajarkan kepada siswa kelas VIII pada penerapan kurikulum 2013. Untuk memahami materi ini dibutuhkan tingkat kemampuan siswa yang tinggi dalam membentuk kalimat matematika beserta operasi aljabar. Macromedia flash dapat menampilkan animasi serta interkasi yang disematkan dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika interaktif dengan pendekatan saintifik menggunakan macromedia flash pada materi operator aljabar untuk siswa kelas VIII di SMPN 2 yang dapat digunakan siswa dalam mempelajari materi operator aljabar. Dalam mengembangkan media pembelajaran, peneliti menggunakan metode yang dikembangkan oleh Sugiyono yang telah dimodifikasi. Langkah dari metode penelitian tersebut yaitu : (1) menentukan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) membuat desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain produk, (6) melakukan uji coba pengguna, (7) revisi produk berdasarkan hasil uji coba pengguna, (8) hasil akhir. Berdasarkan metode sugiyono yang dilakukan peneliti pada tahap pertama menunjukkan masalah berupa materi yang sulit dan media pembelajaran masih sederhana. Namun disamping itu adanya laboratorium komputer dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengembangkan media pembelajaran. Pada tahap kedua, pembelajaran dikelas serta penggunaan bahan ajar dapat digunakan sebagai bahan pengumpulan data dalam membuat desain produk. Pada tahap ketiga, buku dalam pembuatan macromedia flash dan buku ajar dijadikan bahan utama dalam penyusunan desain produk. Pada tahap keempat dilakukannya validasi desain kepada ahli media serta ahli materi. Hasil penelitian mengenai media pembelajaran yang diberikan oleh validator ahli media dan ahli materi pada tahap desain produk ditunjukkan presentase sebesar 77.9% (valid) dan 90.2%. (sangat valid) untuk digunakan dalam pembelajaran. tahap kelima revisi desain dilakukan berdasarkan masukan yang berikan validator dari segi media dan materi. Pada tahap keenam pada uji coba pengguna menunjukkan presentase sebesar 86.4% (baik) sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat diterima pengguna dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Tahap ketujuh dilakukannya revisi terhadap media pembelajaran berdasarkan masukan pengguna. Dan pada tahap Hasil akhir dari penelitian ini menghasilkan media pembelajaran matematika interaktif dengan pendektan saintifik sesuai kurikulum 2013 dalam bentuk CD yang dapat digunakan guru dalam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 03:44 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 03:44 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1802 |
Actions (login required)
View Item |