MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTs N PULOSARI JAMBON

BUDIANTO, MISWADI (2016) MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII E MTs N PULOSARI JAMBON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Media Pembelajaran Puzzle , aktivitas siswa, prestasi belajar siswa. Sampai saat ini mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih rendah dan menjadi permasalahan yang sulit dipecahkan. Salah satu diantara masalah besar dalam bidang pendidikan di Indonesia yang banyak diperbincangkan adalah rendahnya mutu pendidikan yang tercermin dari rendahnya rata–rata perestasi belajar siswa, khususnya dalam bidang matematika apalagi matematika merupakan pelajran yang sangat penting dalam perkembangan teknologi pada sait ini, karena matematika sarana berfikir untuk menumbuhkan dan mengembangkan daya nalar, cara berfikir logis, sistematis dan kritis. Tetapi semua itu tidak sesuai dengan kenyataan seharusnya matematika merupakan pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Akan tetapi banyak siswa yang belum menguasainya yang disebabkan rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran, peserta didik jarang mengajukan pertanyaan meskipun pendidik sering memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami, keaktifan dalam mengerjakan soal-soal latihan pada proses pembelajaran masih kurang serta kurangnya keberanian peserta didik untuk mengerjakan di depan kelas. Semua sesuai dengan yang di alami di MTsN Pulosari, masih rendahnya prestasi belajar siswa ini dibuktika dengan banyak siswa yang mendapatkan nilai kurang dari KKM yang ditetapkan sebesar 70, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai ulangan semester ganjil. Dari 26 siswa yang ada di kelas VIII E,10 siswa yang sudah memenuhi KKM dengan persentase 38.46%, dan 16 siswa yang belum memenuhi KKM dengan pesentase 61,53 % dengan kata lain masih banyak siswa belum tuntas prestasi belajar siswa. Hal dipengaruhi antara lain siswa cenderung bermain sendiri, siswa tidak mendengarkan maupun memeperhatikan saat guru menerangkan, kurangnya minat belaja siswa karena guru cenderung dominan sehinga siswa kurang dilibatkan. Selain itu aktivitas siswa belum nampak yang dikarena ada beberapa penyebab antara lain guru masih mengunakan metode yang lama yaitu metode cerama sehingga sebagian besar siswa kurang aktif dan tidak mau bertanya sehingga proses pembelajaran cenderung bersifat satu arah. Penelitian ini digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan mengetahi prestasi belajar siswa pada penelitian ini akan menggunakan media pembelajaran puzzle metode ini sangat menarik karena dapat meningkatkan aktivitas siswa. Dalam hal ini siswa lebih aktif memecahkan masala, mengungkapkan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang mana penelitian ini di laksanakn dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas VIII E MTsN Pulosari yang terdiri dari 26 siswa.Teknik pengumpalan data yang digunakan adalah dengan cara observasi (aktivitas siswa selama proses pembelajaran), dan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa melalui media pemebelajaran Puzzle pada siswa kelas VIII E MTs Negeri Pulosari Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa, pada silkus I persentase aktifitas kelas yang diperoleh adalah 57,69% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,92%. Demikian juga pada presentase prestasi belajar siswa, dari siklus I sebesar 53,85% mengalami peningkatan menjadi 73,08% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 05:39
Last Modified: 30 Mar 2016 05:39
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item