Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nuur Trisono Tahun Pelajaran 2015/2016

EFRIANTI, MELITA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nuur Trisono Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar. Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan rendahnya aktivitas belajar dan motivasi belajar siswa kelas VII MTs An Nuur Trisono. Siswa kurang aktif dalam bertanya, menanggapi pertanyaan, mengemukakan pendapat dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan model pembelajaran yang digunakan juga masih kurang bervariasi. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa adalah pada saat proses belajar mengajar guru tidak melibatkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar didalam kelas. Untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi belajar siswa pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model yang menitik beratkan pada pemberian permasalahan dari hal yang nyata dengan mengkaitkannya dalam kehidupan seharihari yang bernilai realistik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan motivasi belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi himpunan melalui model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas VII MTs An Nuur Trisono. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTs An Nuur Trisono yang terdiri dari 15 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus, dan begitu pula dengan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi (aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran), dan angket setiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 79,93% sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 95,27%. Pada siklus I menunjukkan motivasi belajar siswa sebesar 77,52%, sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 87,01%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:57
Last Modified: 31 Mar 2016 02:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item