Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Vii C Di Smpn 1 Pulung Tahun Pelajaran 2012/2013

Romandianto, Devin Eko (2013) Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Vii C Di Smpn 1 Pulung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-devinekoro-416-1-abstrak,-2.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), memiliki posisi yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran, karena fungsi utama guru ialah merangsang, mengelola, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Masalah yang dihadapi guru baik pemula maupun yang sudah berpengalaman adalah meningkatkan hasil belajar. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai oleh siswa yang telah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Hal ini menuntut adanya profesionalitas guru. Karena selain sebagai tenaga pendidik, guru juga sebagai tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan serta menilai hasil pembelajaran, sehingga dengan profesionalitas guru dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Penelitian ini berangkat dari kegelisahan peneliti terhadap siswa yang kurang memperhatikan pelajaran berlangsung. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Dengan penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan profesionalitasnya untuk memperbaiki hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi, karena seluruh populasi yaitu siswa kelas VII C di SMPN 1 Pulung yang berjumlah 36 siswa dijadikan sampel. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data digunakan rumus statistik SPSS Tipe 16. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan: (1) Profesionalitas guru di SMPN 1 Pulung Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah cukup baik dengan prosentase 44,4%. (2) Hasil Belajar PKn Siswa Kelas VII C di SMPN 1 Pulung Tahun Pelajaran 2012/2013 adalah cukup baik dengan prosentase 55,6%. (3) Terdapat korelasi positif yang signifikan antara profesionalitas guru terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIIC Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan perhitungan t hitung > t tabel (2.270 > 1,6896) dan P value (0,000 < 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 07 Sep 2016 07:05
Last Modified: 07 Sep 2016 07:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2122

Actions (login required)

View Item View Item