PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK MENGHITUNG KPK DAN FPB DENGAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SURODIKRAMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012.

Lestyaningsing, Suswandari (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK MENGHITUNG KPK DAN FPB DENGAN METODE DISKUSI BUZZ GROUP PADA SISWA KELAS V MI MA’ARIF SURODIKRAMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-suswandari-157-1-abstrak-1.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses atau kegiatan guru mata pelajaran matematika dalam mengajarkan matematika kepada para siswanya, yang didalamnya terkandung upaya guru untuk menciptakan suasana dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, dan kebutuhan siswa tentang matematika. Namun kenyataannya yang ada di MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di dalam kelas yang meliputi penyampaian guru bersifat monoton, dan kurang memberikan kesempatan serta kepercayaan terhadap diri siswa untuk aktif dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor yang membuat anak sulit untuk menguasai materi yang disampaikan, karena kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran maka siswa cenderung pasif selama kegiatan belajar berlangsung. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan upaya perbaikan dengan menerapkan dengan menerapkan Metode Diskusi Buzz Group. Metode pembelajaran tersebut melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar. Pokok pikiran metode diskusi buzz group adalah memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatan belajar. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan diatas maka ada 3 tujuan utama dalam penelitian ini, yaitu: Untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi buzz group dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan menghitung KPK dan FPB siswa kelas V MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012, untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode diskusi buzz group pada sub pokok bahasan menghitung KPK dan FPB siswa kelas V MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012, untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan metode diskusi buzz group siswa kelas V MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012, untuk mengetahui bagaimana respon siswa kelas V MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 terhadap penerapan metode diskusi buzz group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan untuk tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subyek dari penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V MI MaÂ’arif Surodikraman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012 sebanyak 12 siswa. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan melalui observasi, data tentang aktivitas guru dalam mengelola kelas melalui observasi, dan data tentang respon siswa terhadap metode pembelajaran yang diterapkan dikumpulkan dengan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama siklus I ke siklus II rata-rata nilai secara klasikal dari 69,19 menjadi 78,75 dengan ketuntasan klasikal dari 75% menjadi 91,67%.Aktivitas siswa meningkat ditunjukkan dari persentase rata-rata banyaknya siswa memenuhi aspek dari siklus I ke siklus dua yaitu: 69,04% menjadi 82,14%. Hasil pengamatan terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran dari siklus I yaitu 3,7 dan siklus II yaitu 3,9, berarti ada peningkatan rata- rata skor aktivitas guru dan sudah termasuk kategori baik. Secara umum siswa tertarik dengan pembelajaran metode diskusi buzz group. Hal ini dapat dilihat respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode diskusi buzz group mencapai 91,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Sep 2016 01:52
Last Modified: 13 Sep 2016 01:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item