PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS- GAMES- TOURNAMENTS) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

SULASTRI, SULASTRI (2012) PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS- GAMES- TOURNAMENTS) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK SISWA KELAS VIII A SMPN 1 SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-sulastri-150-1-abstrak-1.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya diakibatkan kurangnya efektivitas pembelajaran. Diharapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments dapat meningkatkan efektivitas dan akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di SMPN 1 Siman Ponorogo. Data yang diperoleh adalah data kualitatif yang diambil melalui lembar pengamatan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan angket respon siswa. Sedangkan data kuantitatifnya melalui tes hasil belajar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik analisis data ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai siswa. Untuk menganalisis tingkat keberhasilan tersebut, peneliti menghitung dengan menggunakan statistik sederhana untuk setiap siklusnya yaitu: hasil belajar diperoleh melalui jumlah skor tes klasikal siswa dibagi dengan banyaknya siswa. Aktivitas belajar siswa diperoleh melalui jumlah persentase siswa yang memenuhi aspek dibagi banyaknya aspek. Sedangkan angket respon siswa perhitungannya melalui persentase skor respon siswa dibagi banyaknya siswa. Dari hasil observasi siklus I dan II didapat hasil belajar siswa mengalami peningkatan 6,50. Aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 16, 66%. Sedangkan angket respon mengalami peningkatan sebesar 10, 29%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:16
Last Modified: 27 Sep 2016 07:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item