METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM DI BA AISYIYAH SIMO 1 JENANGAN PONOROGO

SATIRAH, SATIRAH (2014) METODE PEMBIASAAN SEBAGAI UPAYA INTERNALISASI NILAI AJARAN ISLAM DI BA AISYIYAH SIMO 1 JENANGAN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II - V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (833kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan nilai, karena lebih banyak menonjolkan aspek nilai, baik nilai ketuhanan maupun nilai kemanusiaan, yang hendak ditanamkan atau ditumbuhkembangkan ke dalam diri peserta didik sehingga dapat melekat pada dirinya dan menjadi kepribadiannya. Bagaimana Pendidikan Agama Islam dapat diterima dengan baik oleh peserta didik, baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga peserta didik dapat menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan pada Pendidikan Agama Islam. Tetapi khususnya Pendidikan Agama Islam, aspek afektif sangat perlu diperhatikan, sehingga peserta didik dapat menjalani kehidupannya sesuai dengan ajaran Islam dan nilai ajaran Islam sendiri menjadi pedoman dan kontrol dalam menghadapi globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Proses Internalisasi nilai ajaran Islam menjadi sangat penting bagi peserta didik untuk dapat mengamalkan dan mentaati ajaran dan nilai-nilai agama dalam kehidupannya, sehingga tujuan Pendidikan Agama Islam tercapai. Upaya dari pihak sekolah untuk dapat menginternalisasikan nilai ajaran Islam kepada diri peserta didik menjadi sangat penting, dan salah satu upaya tersebut adalah dengan metode pembiasaan di lingkungan sekolah. Metode pembiasaan tersebut adalah dengan menciptakan suasana religius di sekolah, karena kegiatan–kegiatan keagamaan dan praktik-praktik keagamaan yang dilaksanakan secara terprogram dan rutin (pembiasaan) diharapkan dapat mentransformasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam secara baik kepada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study research) yang bermaksud mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Berdasarkan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan metode pembiasaan di BA Aisyiyah Simo 1 Jenangan Ponorogo adalah melalui pembiasaan hal-hal terpuji yang diharapkan mampu terinternalisasi dalam diri para peserta didik. Materi yang dibiasakan di BA Aisyiyah Simo 1 Jenangan Ponorogo sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai ajaran Islam adalah pembiasaan jama’ah sholat dhuha, tadarus sebelum pelajaran dimulai, membaca do’a sebelum dan sesudah pelajaran, berjabat tangan dan mengucapkan salam sewaktu bertemu dengan guru, sesama siswa, serta pengumpulan dana sosial. Pendukung dalam pelaksanaan metode pembiasaan di BA Aisyiyah Simo 1 Jenangan Ponorogo adalah pembiasaan yang dilakukan disukai oleh anak-anak, sedangkan penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari orang tua atau keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Apr 2014 05:31
Last Modified: 14 Apr 2014 05:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item