PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Play Group dan Tarbiyatul Athfal Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail Ponorogo)

RAHMAWATI, ENNY (2016) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANAK USIA DINI (Studi Kasus di Play Group dan Tarbiyatul Athfal Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Agama Islam Anak Usia Dini. Penelitian ini bertempat di Islamic Center Abdullah Ghanim As-Samail Ponorogo, Jalan Soekarno Hatta Nomor 83 Keniten Kabupaten Ponorogo, tepatnya di depan patung taman sukowati. Yang mana di mana lembaga tersebut mengintegrasikan proses kegiatan belajar mengajar dengan nilai-nilai agama Islam dalam rangka pembentukan perilaku anak-anak dan pengembangan kemampuan dasar anak-anak menuju kepribadian yang baik dan benar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam, bagaimana hasil pembelajaran tersebut dan apa saja kendalanya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen, analisa datanya menggunakan tiga tahapan yaitu mereduksi data, display dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada lembaga ini secara umum menggunakan metode bermain dan belajar, namun tidak jarang para guru harus merubah metode tersebut, karena harus mengkondisikan anak-anak Pendidikan Agama Islam pada lembaga ini adalah anak-anak mampu menghafalkan surat-surat pendek, do‟a sehari-hari, mulai mengenal adab-adab yang sesuai dengan tuntunan syari‟at Islam, untuk Tarbiyatul Athfal kelompok A, tertulis bahwa, anak-anak mampu menirukan gerakan sholat, mampu mengucap beberapa kalimat thoyyibah. Sedangkan Tarbiyatul Athfal kelompok B, dituliskan sebagai berikut; beberapa Asma‟ul Husna, beberapa tugas malaikat dengan baik, dapat merangkai 2-3 huruf Hijaiyyah, mempraktekkan gerakan dan bacaan sholat. Kendala yang sering dihadapi selama pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga ini yaitu; guru sering kekurangan waktu untuk kegiatan muraja‟ah,selain itu karena karakter dan tingkat konsentrasi yang dimiliki anak tidak sama antara satu dengan yang lainnya,maka guru harus menciptakan suasana belajar yang nyaman agar anak merasa senang selama mengikuti kegiatan pembelajaran Dengan berpijak dari data di atas, maka peneliti menyarankan kepada para pendidik di lembaga ini agar : 1. Guru harus pandai memanfaatkan dan mengefektifkan waktu selama kegiatan pembelajaran 2. Guru harus lebih kreatif dalam melakukan kegiatan pembelajaran, agar anakanak tidak merasa bosan selama mengikuti kegiatan pembelajaran 3. Selain itu,guru harus lebih sabar lagi dalam menghadapi anak-anak yang memiliki karakter tidak sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:52
Last Modified: 26 Oct 2016 07:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item