PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM KEGIATAN BERORGANISASI DI SEKOLAH PADA SISWA PENGURUS OSIS Tahun 2015/2016 ( Studi Pada SMA Negeri 2 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan )



REZA SUYONO, AGUS (2016) PENERAPAN NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM KEGIATAN BERORGANISASI DI SEKOLAH PADA SISWA PENGURUS OSIS Tahun 2015/2016 ( Studi Pada SMA Negeri 2 Ngadirojo, Kabupaten Pacitan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Nilai-Nilai Demokrasi, Organisasi Siswa
Pendidikan demokrasi merupakan salah satu pilar pembangunan bangsa.
Penanaman demokrasi pada generasi muda khususnya pelajar memerlukan usaha
bersama baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Nilai-nilai demokrasi
menjadi bekal generasi muda untuk hidup bermasyarakat dan menjadikanya generasi
yang siap memimpin masa depan. Penanaman demokrsi di sekolah melalui
oraganisasi siswa yang diharapkan akan mampu menciptakan peserta didik yang
bertaqwa, berilmu dan berkualitas serta bermoral. Yang menjadi masalah berkaitan
dengan judul diatas diatas adalah : Penerapan Nilai-nilai Demokrasi dalam
Berorganisasi di sekolah pada siswa pengurus OSIS Tahun 2015/2016 studi pada
SMA Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Pacitan.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui Penerapan Nilai-nilai
Demokrasi dalam Berorganisasi di sekolah pada siswa pengurus OSIS Tahun
2015/2016 di SMA Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Pacitan.
Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Langkah-langkah yang
dilaksanakan adalah : 1) menentukan judul, 2) menentukan pendekatan dan jenis
penelitian, 3) menentukan tempat penelitian, 4) menetukan sumber data, 5)
melakukan pengumpulan data melalui wawancara, studi dokumentasi dan
triangulasi, 6) melakukan analisis data, 8) penyusunan laporan.
Dari hasil penelitian mengenai penerapan Nilai-nilai Demokrasi dalam
Berorganisasi di sekolah pada siswa pengurus OSIS Tahun 2015/2016 di SMA
Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Pacitan dapat dilihat dari : 1) kebebasan berpendapat,
berkelompok, berpartisipasi, kesetaraan antar warga sekolah, rasa percaya dan
kerjasama. 2) kesetaraan antar warga sekolah dapat dilihat dari diberikanya
kesempatan yang sama bagi siswa-siswi untuk mendjadi pengurus OSIS.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Nilai-nilai
Demokrasi dalam Berorganisasi di sekolah pada siswa pengurus OSIS Tahun
2015/2016 di SMA Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Pacitan yaitu: 1) Konsep
pendidikan demokrasi yang diterapkan adalam kurikulum pembinaan kesiswaan,
hubungan dengan masyarakat serta melakukan simulasi demokrasi oleh siswa dan,
2) penerapan nilai-nilai demokrsi di sekolah maupun dalam OSIS telah
dilaksanakan dengan baik.
Saran yang peneliti berikan dalam penelitian ini adalah : guru Pendidikan
Kewarganegaraan dan pembina OSIS dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi
penerapan nilai – nilai demokrasi bagi siswa dan lebih arif serta bijaksana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Nov 2016 03:28
Last Modified: 15 Nov 2016 03:28
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2674

Actions (login required)

View Item View Item