WULANDARI, YESSY (2016) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBING PROMPTING UNTUK MATERI RELASI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA DISKRIT PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (550kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Latar belakang penelitian adalah (1)Banyaknya mahasiswa belum nyaman dengan buku acuan berbahasa inggris. (2)Mahasiswa belum bisa mengaitkan antar konsep materi yang ada (3)Bervariasinya kemampuan peserta didik, sehingga diperlukan media pembelajaran yang membantu mereka belajar secara mandiri. Tujuan penelitian adalah menghasilkan modul matematika yang valid dan efektif dengan berbasis masalah untuk mahasiswa Prodi Matematika pada mata kuliah matematika diskrit materi relasi. Prosedur penelitian mengacu pada model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. (1)Tahap analisis merupakan analisis kebutuhan yang meliputi analisis permasalahan mahasiswa dalam pembelajaran, analisis bahan ajar, dan analisis RPS, (2)Tahap desain merupakan tahap perancangan spesifikasi modul yang meliputi pengumpulan referensi materi, kerangka desain modul, dan penyusunan instrumen penilaian modul serta angket, (3)Tahap Pengembangan meliputi penyusunan draf modul secara lengkap, validasi modul, analisis hasil validasi, dan revisi modul, (4)Tahap implementasi dengan uji coba modul pada 12 mahasiswa semester empat yang diminta mengikuti petunjuk modul, kemudian menyelesaikan tes evaluasi, (5)Tahap evaluasi merupakan analisis data terkait uji coba modul yang meliputi analisis hasil tes evaluasi, dan analisis angket mahasiswa. Hasil penelitian adalah (1)Modul Matematika Diskrit pada materi Relasi mencapai kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata hasil pengisian angket oleh ahli materi dan media sebesar 80,5% (2)Persentase hasil tes mahasiswa yang nilai pemahaman >55 sebesar 67%, (3) Persentase respon positif mahasiswa terhadap modul sebesar 97,4%, Dari berbagai hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa Modul Berbasis Masalah untuk Materi Relasi pada Mata Kuliah Matematika Diskrit Prodi Pendidikan Matematika adalah berkualitas dengan mencapai kriteria valid dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci: Modul, Berbasis Masalah, Relasi Matematika Diskrit, efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Nov 2016 03:03 |
Last Modified: | 16 Nov 2016 03:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2685 |
Actions (login required)
View Item |