ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE EKSTROVERT DAN INTROVERT SISWA SMP KELAS VII

Ayu Fatmawati, Dewi (2016) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE EKSTROVERT DAN INTROVERT SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan proses berpikir dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kepribadian tipe ekstrovert dan introvert siswa SMP kelas VII sesuai prosedur Polya. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Badegan Kelas VIIA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016 pada bulan Januari 2016. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian: 1) Proses berpikir siswa tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah matematika sesuai prosedur Polya; a) Dalam memahami masalah, siswa tipe ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi dengan menuliskan diketahui dan ditanya secara perinci dengan bahasanya sendiri, b) Dalam membuat rencana penyelesaian masalah, siswa tipe ekstrovert ada yang melakukan proses berpikir asimilasi atau akomodasi, tetapi siswa yang proses berpikirnya akomodasi dalam perencanaan penyelesaian masalah yang dibuat tidak dapat dijadikan pedoman untuk menyelesaikan penyelesaian masalah, c) Dalam menyelesaikan rencana penyelesaian masalah, siswa ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi, d) Dalam memeriksa kembali jawaban, siswa tipe ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi, dan dapat memeriksa kembali jawaban dengan lancar dan benar. 2) Proses berpikir siswa tipe introvert dalam menyelesaikan masalah matematika sesuai prosedur Polya; a) Dalam memahami masalah, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi dengan menuliskan diketahui dan ditanya secara jelas dan benar, b) Dalam membuat rencana penyelesaian masalah, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi atau akomodasi, tetapi siswa yang proses berpikirnya akomodasi perencanaan penyelesaian masalah yang dibuat tidak dapat dijadikan pedoman untuk menyelesaikan pemecahan masalah, c) Dalam menyelesaikan pemecahan masalah, siswa introvert melakukan proses berpikir asimilasi. Diketahui berdasarkan hasil lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, d) Dalam memeriksa kembali jawaban, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi, dan memeriksa kembali jawaban dengan lancar dan benar. Kata Kunci: Proses Berpikir, Masalah Matematika, Kepribadian Ekstrovert dan Introvert

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 04:18
Last Modified: 17 Nov 2016 04:18
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item