Ayu Fatmawati, Dewi (2016) ANALISIS PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE EKSTROVERT DAN INTROVERT SISWA SMP KELAS VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (887kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan proses berpikir dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari kepribadian tipe ekstrovert dan introvert siswa SMP kelas VII sesuai prosedur Polya. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Badegan Kelas VIIA Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016 pada bulan Januari 2016. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian: 1) Proses berpikir siswa tipe kepribadian ekstrovert dalam menyelesaikan masalah matematika sesuai prosedur Polya; a) Dalam memahami masalah, siswa tipe ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi dengan menuliskan diketahui dan ditanya secara perinci dengan bahasanya sendiri, b) Dalam membuat rencana penyelesaian masalah, siswa tipe ekstrovert ada yang melakukan proses berpikir asimilasi atau akomodasi, tetapi siswa yang proses berpikirnya akomodasi dalam perencanaan penyelesaian masalah yang dibuat tidak dapat dijadikan pedoman untuk menyelesaikan penyelesaian masalah, c) Dalam menyelesaikan rencana penyelesaian masalah, siswa ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi, d) Dalam memeriksa kembali jawaban, siswa tipe ekstrovert melakukan proses berpikir asimilasi, dan dapat memeriksa kembali jawaban dengan lancar dan benar. 2) Proses berpikir siswa tipe introvert dalam menyelesaikan masalah matematika sesuai prosedur Polya; a) Dalam memahami masalah, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi dengan menuliskan diketahui dan ditanya secara jelas dan benar, b) Dalam membuat rencana penyelesaian masalah, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi atau akomodasi, tetapi siswa yang proses berpikirnya akomodasi perencanaan penyelesaian masalah yang dibuat tidak dapat dijadikan pedoman untuk menyelesaikan pemecahan masalah, c) Dalam menyelesaikan pemecahan masalah, siswa introvert melakukan proses berpikir asimilasi. Diketahui berdasarkan hasil lembar jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, d) Dalam memeriksa kembali jawaban, siswa tipe introvert melakukan proses berpikir asimilasi, dan memeriksa kembali jawaban dengan lancar dan benar. Kata Kunci: Proses Berpikir, Masalah Matematika, Kepribadian Ekstrovert dan Introvert
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 04:18 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 04:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |