IRVANANTO, RIO YOGY (2014) PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER KELAS X/TPM SMK MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Artikel Skripsi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (568kB) | Preview |
|
Text
bab I - bab V asli.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
Abstract
Irvananto, Rio Yogy. 2014. Peningkatan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Pada Pokok Bahasan Persamaan dan Pertidaksamaan Linier siswa kelas X/TPM SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd Kata kunci : Problem Posing, Prestasi, Aktivitas Belajar. Pasifnya aktivitas siswa mengakibatkan prestasi siswa juga rendah sehingga siswa kurang minat belajar pada pelajaran matematika karena proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan masih meminimalkan keterlibatan siswa. Sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mahamami materi dan soal. Metode pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah yang diselingi tanya jawab. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang sesuai dengan masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar matematika siswa kelas X/TPM SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun ajaran 2013/2014 melalui model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi untuk tindakan berikutnya. Dalam 2 siklus tersebut terdapat 4 kali pertemuan yaitu 2 pertemuan pada siklus I dan 2 pertemuan pada siklus II. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2013. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas X/TPM SMK Muhammadiyah 1 Ponorogo semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 sejumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi siswa dan tes. Dari hasil observasi siklus I, aktivitas siswa masih mencapai 68,4% sehingga belum mencapai ketuntasan 70 %, sedangkan pada hasil tes prestasi siswa masih mencapai 73% sehingga belum mencapai ketuntasan 76 %. Dari hasil observasi siklus II, aktivitas siswa sudah mencapai 79.8% sehingga sudah mencapai ketuntasan 70 %, sedangkan pada hasil tes prestasi siswa sudah mencapai 90% sehingga sudah mencapai ketuntasan 76 %. Dari siklus I ke siklus berikutnya terjadi peningkatan nilai, baik dari hasil tes angket maupun tes evaluasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 03:18 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 03:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/275 |
Actions (login required)
View Item |