EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMBIT

CHYNTYA DEVI, ZELVIA (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SAMBIT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mana yang lebih efektif antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung terhadapa kemampuan pemecahan masalah, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika mana yang lebih baik antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi, sedang dan rendah, (3) ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran langsung dengan tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sambit yang terdiri dari 5 kelas. Dari 5 kelas tersebut, kelas VII A dan VII B terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VII A diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas VII B diberi perlakuan model pembelajaran langsung. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan dengan sel tak sama. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Model pembelajaran berbasis masalah mempunyai keefektifan yang sama dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi tidak berbeda signifikan dengan siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi lebih baik daripada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang mempunyai kecerdasan emosional sedang lebih baik daripada siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah, (3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran berbasis masalah maupun model pembelajaran langsung dengan tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), pembelajaran langsung, kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 13 Dec 2016 02:44
Last Modified: 13 Dec 2016 02:44
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2832

Actions (login required)

View Item View Item