Nuryanto, Sidik (2016) CAS CIS CUS METODE MENDONGENG PADA ANAK USIA DINI. Optimalisasi Potensi Anak melalui Revolusi Belajar dan Peran Aktif Keluarga FKIP UM MAGELANg. pp. 76-82. ISSN 2503 3905
|
Text
cover.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
CAS CIS CUS.pdf Download (430kB) | Preview |
Abstract
Mendongeng merupakan aktivitas yang sering dijumpai pada proses pembelajaran anak usia dini. Dongeng digunakan oleh pendidik atau guru dalam rangka sebagai hiburan dan penanaman nilai karakter. Seiring digunakannya dongeng dalam pembelajaran terkadang dijumpai beberapa masalah diantaranya dari pendidik maupun anak didik. Dari pendidik merasa kesulitan saat akan memulai cerita dan menutup cerita. Pada saat pelaksanaan inti mendongeng cerita yang disampaikan belum menarik perhatian anak untuk mendengarkannya. Masalah lain berasal dari anak didik yang sulit dikondisikan untuk mendengarkan cerita. Kebiasaan menebak alur cerita juga menjadi penghalang bagi pendidik, sehingga mendongeng dirasa mengalami kegagalan. Oleh karena itu perlu metode dongeng yang membantu bagi para pendidik untuk menerapkannya dan menarik perhatian anak. CAS CIS CUS merupakan metode mendongeng yang membagi tahapan mendongeng menjadi tiga bagian. Adapun tahapan tersebut yaitu CAS (Cipta Aksi Super) sebagai sarana untuk membuka dongeng dengan aksi yang menarik perhatian anak. CIS (Cipta Inspirasi Super) sebagai inti dari pelaksanaan dongeng yang didalamnya terdapat inspirasi atau nilai karakter. CUS (Cipta Usulan Super) sebagai penutup dongeng yang berisi usulan nilai karakter untuk diikuti anak. Kata kunci: CAS CIS CUS, mendongeng, anak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Proceeding |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 06:51 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 06:51 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |