ASTUTI, NENI PUJI (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Artikel Skripsi.pdf Download (256kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB 2 baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
||
Text
BAB 3 baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
Text
BAB 4 baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB 5 baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (57kB) | Preview |
Abstract
Banyak keluhan dari siswa tentang pelajaran matematika yang sulit, menegangkan dan ditakuti banyak orang. Cara penyajian belajar yang kurang menyenangkan dan pemiliham model pembelajaran yang kurang tepat, menyebabkan pembelajaran matematika kurang optimal. Hal ini akan berdampak pada rendahnya prestasi belajar matematika pada siswa. Oleh karena itu perlu adanya inovasi model pembelajaran. Untuk itu peneliti menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) di mana dalam model pembelajaran ini siswa dikelompokkan dan diberikan treatment (perlakuan) yang berbeda sesuai dengan kemampuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Adapun desain yang digunakan adalah True Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP MA’ARIF 1 Ponorogo yang berjumlah 220 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan dokumentasi untuk nilai Ujian Tengah Semester dan postest. Sebelum pemberian perlakuan pada masing-masing kelas, peneliti menggunakan analisis uji t dengan menggunakan alat bantu SPSS for Windows 17.0 pada data nilai Ujian Tengah Semester untuk mengetahui kemampuan awal dari kedua kelas. Adapun hasil yang diperoleh bahwa kemampuan kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. Hal ini ini terbukti dari analisis uji t pada data posttest dengan taraf signifikansi 5% diperoleh untuk nilai dan untuk karena maka ditolak. Artinya prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), Prestasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 03:42 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 03:42 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/288 |
Actions (login required)
View Item |