PUSPITASARI, MARLINA AYU ANGGRAYNI (2017) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETWO STAY TWO STRAY (TSTS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan yang dimilik siswa. Hal ini dapat dilihat bahwa siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat siswa cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa merasa bosan dengan kegiatan belajar mengajar. Saat guru menjelaskan, ada beberapa siswa yang asyik mengobrol dengan teman sebangkunya. Ketika siswa mengalami kesulitan, siswa enggan bertanya pada guru bahkan kepada temannya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017 melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo yang hanya terdiri dari satu kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Peneliti melakukan observasi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Untuk mengukur keaktifan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi keaktifan siswa. Untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peneliti menggunakan lembar observasi. Lembar observasi ini terdiri dari lembar observasi untuk guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi. Pada penelitian ini, analisis data bersifat kualitatif deskriptif berdasarkan hasil observasi kegiatan guru dan siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) menunjukkan adanya peningkatan yang klasikal. Hasil observasi keaktifan siklus I pertemuan ke-1 sebesar 11,76% yang masuk dalam kategori aktif dan pertemuan ke-2 sebesar 29,41% yang memenuhi kategori aktif. Untuk siklus II hasil observasi keaktifan pada pertemuan ke-4 sebesar 52,94% yang memenuhi kategori aktif dan pertemuan ke-5 sebesar 88,23% yang memenuhi kategori aktif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Kata Kunci: Two Stay Two Stray, keaktifan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:52 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:52 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3102 |
Actions (login required)
View Item |