ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KRIMBO MENGGUNAKAN KONSEP KAIZEN DENGAN SIKLUS PDCA PADA CV LOKAWISATA PUTRI VINATA SARI (PVS) DI PONOROGO

ALFATI, MIFTAH (2017) ANALISIS PERBAIKAN KUALITAS PRODUK KRIMBO MENGGUNAKAN KONSEP KAIZEN DENGAN SIKLUS PDCA PADA CV LOKAWISATA PUTRI VINATA SARI (PVS) DI PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (773kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Industri pengolahan makanan ringan saat ini berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut memicu persaingan yang kompetitif. Untuk menghadapi persaingan yang ketat ini, setiap perusahaan dituntut dalam melakukan pemeriksaan terhadap kualitas produk. CV. Lokawisata Putri Vinata Sari (PVS) merupakan home industri yang bergerak dibidang manufaktur pengolahan makanan ringan berupa kripik buah. Dalam proses produksinya masih mengalami permasalahan yaitu adanya produk cacat sehingga mengakibatkan memenuhi standar kualitas perusahaan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengurangi kecacatan produk dengan melakukan tindakan perbaikan kualitas. Untuk mendukung pemecahan masalah ini, peneliti menggunakan konsep kaizen berupa siklus PDCA (plan-do-check-action). Kaizen merupakan konsep Jepang yang berarti perbaikan proses secara terus menerus untuk selalu meningkatkan mutu dan produktivitas output. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan pengamatan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan seven tools dan tindakan perbaikan dengan penghapusan muda dan penerapan 5R. Dari hasil analisis data pada histogram yang diperoleh dari check sheet terlihat adanya 3 jenis kecacatan yang terjadi dari yang terbesar adalah kecacatan bentuk (2,44%), dan diikuti kecacatan tekstur (2,16%), dan yang paling rendah adalah kecacatan warna (1,77%) dari jumlah produksi selama bulan Januari. Analisis pada diagram sebab akibat diketahui penyebab terjadinya kecacatan pada kripik buah adalah faktor bahan baku, manusia, pengukuran, lingkungan, dan pengukuran. Kata Kuci : Produk, Kualitas, Kaizen,PDCA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Economic > Department of Economics and Development Studies
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 04 Sep 2017 08:01
Last Modified: 04 Sep 2017 08:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3252

Actions (login required)

View Item View Item