NA’IM, JANNATUN (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMP NEGERI 2 KAUMAN KELAS VIII G TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran PMRI yang dapat meningkatkan kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa, (2) untuk meningkatkan kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa sebelum diajar dan sesudah diajar dengan pendekatan PMRI, dan (3) untuk meningkatkan respon siswa setelah diajar dengan pendekatan PMRI. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII G SMP Negeri 2 Kauman dengan 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data Kemampuan Penyusunan Strategi pemecahan Masalah menggunakan instrument tes setiap akhir siklus dan data instrument angket yang berupa respon terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah diajar dengan pendekatan PMRI. Rata-rata kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa pada pre-test sebesar 51,1% dimana sebagai kemampuan awal siswa sebelum diajar dengan pendekatan PMRI. Rata-rata kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa pada siklus I sebesar 69.43%, pada siklus II sebesar 74,88% dan pada siklus III sebesar 83,51%. Kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan setelah diberi tindakan. Selain itu respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan PMRI menunjukkan peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka pendekatan PMRI dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penyusunan strategi pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Pendekatan PMRI, Kemampuan Penyusunan Strategi pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:22 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:22 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3466 |
Actions (login required)
View Item |